Bantah AHY, Hasto Yakin Pemilu Serentak Tak Akan Bunuh Parpol

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Reza Fajri

VIVA – Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menanggapi pernyataan Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono soal berakhirnya era multi partai. Ia yakin pemilu serentak tak akan membunuh partai politik.

Hasto Usul Kasus Connie Bakrie Disetop, Minta Aparat Fokus Usut Korupsi Tambang

"Kalau kita melihat, era multi partai ini kan muncul dari aspirasi rakyat, pada jalan ideologi dan jalan sejarah yang ditempuh setiap partai berbeda. Kami meyakini pemilu serentak tidak akan membunuh parpol," kata Hasto di Lampung, Sabtu 2 Maret 2019.

Ia menjelaskan alasan pemilu serentak tak akan membunuh parpol. Di antaranya karena desain sistem politik Indonesia.

Gibran Singgung Hasto yang Halangi Pertemuan Megawati-Jokowi

"Kita ingin memperkuat sistem presidensial dan padanan dari sistem presidensial adalah multi partai sederhana," kata Hasto.

Hasto mengakui nantinya akan ada konsolidasi demokrasi yang membuat jumlah partai di parlemen semakin berkurang sampai tercapai kondisi ideal. Parpol yang ada nantinya akan menggambarkan kehidupan berbangsa dan representasi dari masyarakat indonesia . 

Sekjen PDIP Ungkap Bupati Banyuwangi Diintimidasi yang "Diawali dengan Cerita Politik"

"Jadi kami tak sependapat dengan hal tersebut. Ini merupakan pemilu yang pertama iya, tapi kami bisa menunjukkan kerja sama yang baik antara koalisi Indonesia kerja dengan pasangan Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin," kata Hasto

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merespons pernyataan Ketua Joman Noel yang menyebut dirinya sebagai penghambat pertemuan antara Megawati dengan Jokowi dan Prabowo

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024