AHY: Jangan Benturkan Antara Pancasila dengan Islam

Komandan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA – Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, menggelar kampanye akbar Partai Demokrat di Serang, Banten. Kampanye tersebut dihadiri oleh para caleg dari Demokrat dan massa pendukung.

Rektor Universitas Pancasila Dinonaktifkan Buntut Dugaan Kasus Pelecehan Seksual

Usai orasi politiknya, AHY sempat ditanyai mengenai pernyataan kontroversial mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Hendropriyono yang mengatakan Pilpres kali ini merupakan pertarungan dua ideologi, yakni Pancasila melawan Khilafah. Menurut AHY, pernyataan itu dianggap tidak tepat.

"Pilihan kita untuk negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila adalah final. Janganlah kembali kemudian akhir-akhir ini seolah-olah dibentur-benturkan antara Pancasila dengan kelompok-kelompok lain. Antara Pancasila dengan Islam. Itu tidak akan menjadi kebaikan untuk bangsa kita," kata AHY di Serang, Banten, Sabtu, 30 Maret 2019

Dewan Profesor Universitas Brawijaya Minta Pemerintah Tidak Mencederai Demokrasi

AHY menambahkan, Islam adalah agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam semesta. Tidak bisa Islam dibenturkan dengan Pancasila karena dua hal tersebut mampu berjalan secara harmonis satu sama lain.

"Islam adalah agama yang Rahmatan lil alamin yang selalu kompatibel, dengan Pancasila, dengan demokrasi. Jangan sampai ada pelabelan pihak-pihak manapun terhadap masyarakat kita," lanjut AHY.

Wamenaker: Tanamkan Hubungan Industrial yang Dilandasi Pancasila

Menurut dia, apa yang disampaikan Hendropriyono itu adalah sebuah kemunduran. Bila narasi itu pada saat ini maka sama saja terjebak dalam masa lalu. Mestinya, saat ini Indonesia bersatu untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

"Jangan terjebak dengan masa lalu. Kemudian hanya berkutat pada hal-hal yang tidak substantif, kita ingin ke depan para caleg kita para pemimpin kita juga selalu mengedepankan apa yang jadi aspirasi rakyat kita," ujarnya

BPIP di Pondok Pesantren El-Bayan (Doc: Istimewa)

Pentingnya Ideologi Pancasila dalam Kehidupan Santri

Kepala BPIP Yudian Wahyudi menjelaskan mengenai kemerdekaan Indonesia yang penuh keberagaman, kedamaian, dan kerukunan di hadapan para santri.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024