Survei Cyrus: Jokowi-Ma'ruf Masih Unggul 2 Digit dari Prabowo-Sandi

Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto usai mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu, 30 Maret 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Lembaga Survei Cyrus Network merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2019. Hasilnya, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dua digit dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Survei dilakukan sejak 27 Maret-2 April 2019 terhadap 1.230 responden penduduk Indonesia berusia 17 tahun dan sudah menikah. Responden laki-laki dan perempuan sama-sama 50 persen. Responden yang tinggal di wilayah desa 51 persen dan kota 49 persen.

Responden terpilih diwawancara menggunakan metode tatap muka. Margin of error survei +/- 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Tingkat elektabilitas ini diambil berdasarkan simulasi kertas suara. Pertanyaan yang diajukan ke responden adalah, Jika Anda saat ini sedang berada di dalam tempat pemungutan suara, dan di depan Anda ada kertas suara dengan dua pasangan capres-cawapres seperti di bawah ini, siapakah yang akan Anda pilih?'

Sebanyak 79,0 persen persen responden mengaku telah menetapkan pilihan.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"(Sebesar) 56,4 persen memilih Jokowi-Ma'ruf Amin, 38,1 persen memilih Prabowo-Sandiaga. (Sebanyak) 3,2 persen belum memutuskan, 0,7 persen tidak memilih, 1,6 persen tidak menjawab," ujar CEO Cyrus Network, Hasan Nasbi, dalam keterangan resminya, Kamis, 11 April 2019.

Hasan melanjutkan, sebanyak 48,5 persen dari pemilih Jokowi sudah mantap dengan pilihannya. Sedangkan 30,2 persen responden pemilih Prabowo juga tak akan mengubah pilihannya. 

"(Sebanyak) 6,8 persen responden pemilih Jokowi masih mungkin mengubah pilihannya, sementara di sisi lain, ada 7,3 persen pemilih Prabowo yang masih mungkin mengubah pilihan," ujar Hasan.

Berikut hasil survei elektabilitas capres-cawapres oleh Cyrus Network pada Januari 2019:

Joko Widodo-Maruf Amin: 56,4 persen

Kategori pemilihan sudah tetap: 48,5 persen
Kategori pemilihan masih mungkin berubah: 6,8 persen 
Tidak menjawab: 1,1 persen

Prabowo Subianto-Sandiaga: 38,1 persen

Kategori pemilihan sudah tetap: 30,2 persen
Kategori pemilihan masih mungkin berubah: 7,3 persen
Tidak menjawab: 0,6 persen

Belum memutuskan dan tidak menjawab: 5,5 persen

Kategori pemilihan sudah tetap: 0,3 persen
Kategori pemilihan masih mungkin berubah: 0,8 persen
Tidak menjawab: 4,4 persen

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya