JK Puji Transparansi KPU dalam Pemilu

Penghitungan Surat Suara Pemilu 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla turut mengamati proses penyelenggaraan Pemilu 2019. JK menilai proses penyelenggaraan pemilu 2019 sudah cukup baik. Bahkan KPU menurut dia juga sudah cukup transparan dalam melakukan penghitungan suara.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Menurut JK, KPU telah menyediakan website khusus untuk mempublikasi hasil penghitungan suara sehingga bisa dilihat oleh masyarakat. Hal itu dinilai menunjukkan transparansi KPU dalam melakukan tugasnya.

"Saya kira apa yang diperhitungkan rekapitulasi KPU kan sudah transparan. Dapat diakses di internet," kata Jusuf Kalla alias JK di rumah dinasnya di Jalan Diponegoro Menteng Jakarta Pusat, Senin malam 22 April 2019

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

Menurut JK, KPU memang sudah semestinya menjalankan tugas dengan jujur, adil dan transparan. Oleh karena jika itu semua telah dilakukan KPU, masyarakat akan lebih tenang.

"Masyarakat akan tenang, dan kemudian juga masyarakat menunggu hasil sebaik-baiknya," ujarnya.

Pengamat Sebut Anies Politisasi Korban Tewas Pemilu 2019 untuk Kampanye

Namun bagi masyarakat yang tidak dapat menerima hasil dari KPU, kata JK, undang-undang mempersilakan mengajukan keberatan melalui Mahkamah Konstitusi atau MK.  

"Apapun hasilnya dapat diterima. Kemudian apabila ada (protes) prosesnya harus lewat jalur hukum," ujar dia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024