Debat Panas Mahfud MD Vs Fadli Zon soal Pendukung Prabowo Garis Keras
Rabu, 1 Mei 2019 | 00:16 WIB

Debat Panas Mahfud MD Vs Fadli Zon soal Pendukung Prabowo Garis Keras

Polemik ucapan eks Ketua Mahkamah Konstitusi.
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD
Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD

VIVA – Polemik ucapan eks Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD terkait pendukung Prabowo Subianto berasal dari daerah garis keras terhadap agama masih berlanjut. Mahfud menjelaskan kembali pernyataannya, yang sempat membuat geger di media sosial.

Menurutnya, provinsi garis keras yang dimaksudnya itu bukanlah bertujuan menjustifikasi sebuah daerah sebagai penganut ajaran radikal. Namun, sebagai sebuah daerah yang memiliki pendukung setia terhadap figur tertentu

"Jadi, garis keras itu artinya orang yang punya sikap, konsisten. Mereka punya sikap konsisten, dan tidak mau didikte," kata Mahfud dalam acara Catatan Demokrasi Kita 'Benarkah Pemilih 02 Islam Garis Keras' di tvOne, Selasa malam, 30 April 2019.

Dia pun mencontohkan seperti kekalahan Jokowi di Sumatera Barat dalam Pilpres 2019. Meski sudah didukung deklarasi dengan sejumlah kepala daerah, tak membuat Jokowi mengalahkan Prabowo di Tanah Minang.

"Jadi, misalnya di Sumatera Barat, Jokowi sudah kampanye dan 10 bupati sudah deklarasi mendukung, tetapi masih kalah. Itu berarti, karena tawarannya Pak Jokowi belum diterima di kawasan garis keras itu. Jadi, menurut saya, Sumatera Barat itu wilayah garis keras untuk pendukung Prabowo," ujarnya.

Merespons penjelasan Mahfud, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon pun heran. Ia meminta Mahfud, agar bisa cermat dan tak sembarangan dalam membuat labeling terhadap daerah yang dikaitkan dengan agama. Apalagi, status Mahfud sebagai anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).