Suharso Monoarfa: PPP Akan Lakukan Evaluasi Total - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Kamis, 23 Mei 2019 | 19:59 WIB

Suharso Monoarfa: PPP Akan Lakukan Evaluasi Total

Pada Pemilu 2019 mereka berhasil lolos tapi dengan kursi yang sedikit.
Plt Ketum PPP Suharso Manoarfa saat mencoblos
Photo :
  • Dok. PPP

Plt Ketum PPP Suharso Manoarfa saat mencoblos

VIVA - Partai Persatuan Pembangunan berhasil lolos ke DPR dalam Pemilu 2019 ini. Mereka meraih suara sebanyak 6,3 juta atau sekitar 4,52 persen.

Meskipun demikian, mereka berencana akan mengadakan evaluasi besar-besaran. Alasannya, dari sisi kursi, partai berbasis Islam itu diperkirakan hanya mendapat 19 saja.

"Dengan pencapaian seperti ini tentu ada baiknya kita melihat ke diri sendiri, melakukan evaluasi besar," kata Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa di kantor Dewan Pimpinan Pusat PPP, Menteng, Jakarta, Kamis, 23 Mei 2019.

Suharoso mengakui jajaran pengurus dan kader masih bisa berapologi bahwa mereka tetap bisa lolos di tengah tekanan yang demikian luar biasa. Tapi, dia menegaskan bahwa pembelaan itu tidak menyurutkan mereka untuk tetap meninjau diri mereka sendiri.

"Ada waktunya kita bersama-sama melakukan evaluasi secara total," kata Suharso lagi.

Mantan Menteri Perumahan Rakyat itu menuturkan perolehan kursi PPP pada pemilu kali ini menjadi yang paling sedikit sepanjang sejarah mereka. Oleh karena itu, dia berharap pada pemilu yang akan datang, partai berlambang Ka'bah itu mampu meraih kembali masa-masa kejayaan mereka.

Terlepas dari itu, Suharso tetap menyampaikan syukur dan terima kasih kepada seluruh jajaran partai di semua tingkatan, dari para caleg DPR RI, sampai DPRD kota dan kabupaten, kemudian para pengurus dan saksi-saksi sehingga mereka mampu lolos dari ambang parlemen.

Lebih lanjut, Suharso mengajak para kader PPP untuk mengkaji sistem pemilu yang diterapkan saat ini, apakah akan dipertahankan, dimunculkan gagasan lain, atau kembali ke pemilu sebelumnya.

"Bongkar pasang demokrasi sudah kita lalui, dari berbagai ranah, dari penyelenggaranya peserta pemilu sampai pada pemilu kelima di era reformasi ini, pemilihan presiden dan legislatif disatukan. Sekali lagi, mari kita sama-sama berkemas untuk masa depan yang lebih baik," tutur Suharso.

    Muat Lainnya...