Soal Kabinet Rekonsiliasi, Ma'ruf: Urusan Pak Jokowi

KH Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf sempat menyatakan akan membentuk Kabinet Rekonsiliasi apabila pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024. Namun Ma'ruf Amin sendiri mengaku tidak mengetahui wacana itu . 

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Ketika ditanya awak media mengenai kabinet rekonsiliasi ini Ma'ruf tidak dapat menjelaskannya. Ma'ruf mengaku belum diberitahu oleh Jokowi mengenai rencana pembentukan kabinet ini

"Belum diberitahu saya sama Pak Jokowi," kata Ma'ruf di Gedung MUI Selasa 11 Juni 2019

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia itu tidak membantah bahwa memang ada sejumlah partai pendukung Jokowi dan juga pihak oposisi yang sudah mendekat dan mungkin akan bergabung. Namun untuk penyusunan kabinet, Ma'ruf menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi.

"Kalau bergabung sih mungkin, kalau soal kabinet sih urusan Pak Jokowi," ujarnya.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Ketika ditanya lebih detail mengenai rencana kabinet rekonsiliasi, Ma'ruf mengaku tidak tahu akan seperti apa nanti kabinetnya. Karena menurutnya sampai saat ini rekonsiliasi saja belum dilakukan.

Saat ini, yang diketahuinya proses rekonsiliasi antara kedua kubu yang berseberangan saat Pilpres masih dalam pencarian waktu yang tepat. Dia berharap kesempatan rekonsiliasi itu terjadi dalam waktu yang tak lama lagi.

"Saya belum diberitahu Pak Jokowi. Seperti apa sih? Rekonsiliasi saja belum, kok [bicarakan] kabinetnya," ujar dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya