Demokrat DKI Dukung AHY Gantikan SBY tapi Tolak KLB

Kongres Partai Demokrat IV di surabaya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Pimpinan Partai Demokrat DKI Jakarta menolak usulan sejumlah tokoh dan pendiri partai itu tentang Kongres Luar Biasa (KLB) untuk mengganti kepemimpinan pusat Partai Demokrat.

AHY: Misi Besar Demokrat Kembali ke Pemerintahan Nasional Telah Tercapai

Ketua Partai Demokrat DKI Jakarta Santoso menegaskan, kepengurusannya masih menginginkan kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.

Dia memang mendukung wacana mempersiapkan Agus Harimurti Yudhoyono menggantikan SBY sebagai ketua umum, tetapi pergantian harus setelah masa jabatan SBY berakhir, bukan melalui Kongres Luar Biasa. Lagi pula, katanya, AHY memang dipersiapkan juga sebagai calon pemimpin masa depan.

Di Hadapan Prabowo, AHY Cerita Demokrat Kehilangan Kursi di DPR Gegara Marak Politik Uang

"Yang kita tolak KLB-nya, bukan AHY-nya. Kalo AHY, saya kira, jangankan di level partai, masyarakat Indonesia juga menginginkan dia menjadi next leader," katanya dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Timur, Sabtu, 15 Juni 2019.

Menurunnya suara Partai Demokrat di Pemilu 2019, katanya, bukanlah hal yang mendesak untuk penyelenggaraan KLB. Sejak dimulainya tahapan Pemilu 2019 pun Demokrat telah menyadari tidak akan mendapatkan efek elektoral karena tak memiliki figur yang dicalonkan presiden atau wakil presiden. Maka dapat dimaklumi apabila suara Demokrat tak maksimal.

AHY Mengaku Diminta Prabowo Siapkan Kader Terbaik Demokrat untuk Jadi Menteri

Karena itu, menurut Santoso, wacana penyelenggaraan KLB dengan alasan menurunnya perolehan suara partai di Pemilu 2019 dinilai mengada-ada. Pimpinan Demokrat DKI menolak penyelenggaraan KLB dan akan menyetujuinya apabila masa jabatan SBY telah habis.

"Kalau kongresnya yang tidak kita setujui. Tapi kalau waktunya tepat. Nanti setelah masa jabatan SBY habis, DPD DKI Jakarta dan kadernya seluruhnya saya yakin mendukung AHY jadi ketua umum Demokrat," ujarnya.

Capres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di St Regis Hotel, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Maret 2024

Demokrat Tak Ingin Tuntut Jatah Menteri Kabinet ke Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono menegaskan pihaknya tidak akan menuntut apapun terkait jatah kursi menteri yang akan diberikan Prabowo Subianto nanti

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024