Pekan ini PDIP Bakal Rakernas Bahas Kongres

Politikus PDIP, Trimedya Panjaitan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Ketua DPP PDIP Trimedya Pandjaitan mengungkapkan partainya akan gelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Rabu pekan ini. Rakernas itu untuk membahas Kongres PDIP, yang rencananya dipercepat jadi tahun ini.

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

"Agenda yang hari Rabu itu bagaimana persiapan kongres. Termasuk tentu Steering Committee pasti sudah menyiapkan apa bahan-bahan yang akan diberikan dalam kongres, apakah akan ada perubahan struktur," kata Trimedya di gedung DPR, Jakarta, Senin 17 Juni 2019.

Sampai hari ini, ia belum mengetahui, apakah nantinya akan ada perubahan struktur di DPP. Perubahan struktur bisa terjadi bila ada wacana tersebut pada Rakernas pekan ini.

Pidato Wajah dan Fisik di Gelora Bung Karno

Ia menjelaskan, percepatan kongres PDIP bisa dilakukan karena ada hak prerogatif ketua umum. Percepatan kongres sah dilakukan bila ketua umum berpendapat demikian.

"Kalau yang disampaikan kepada kita bahwa kalau selama ini setelah pembentukan kabinet, pemerintahan sudah berjalan 1 tahun baru PDIP kongres, dan kelihatan 1 periode pemerintahan pak Jokowi itu, itu dianggap kurang efektif. Akan lebih efektif lagi kalau seandainya sudah terbentuk dulu DPPnya baru pemerintahan bekerja," kata Trimedya.

Andri Arief Kritisi Luhut soal Pendukung Demokrat Minta Pemilu Ditunda

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, angkat suara terkait alasan kongres kelima partainya dipercepat menjadi tahun ini.

Menurut dia, dipercepatnya agenda kongres yang merupakan hajatan akbar lima tahunan partai karena ingin menyesuaikan agenda pemerintahan usai Pemilu 2019.

"Selain untuk menyesuaikan dengan agenda pemerintahan negara, juga untuk menyusun seluruh agenda strategis partai pasca-Pemilu 2019 dan sebagai langkah pre-emptive bagi tugas ideologis strategis partai ke depan," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 14 Juni 2019. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya