Dahnil Pastikan Prabowo-Sandi Tak Hadir Saat Putusan MK

Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu, 13 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi memasuki agenda Rapat Pemusyawaratan Hakim (RPH). Kini, kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai pihak pemohon tinggal menunggu putusan yang akan dibacaka Kamis, 27 Juni 2019.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, pasangan capres-cawapres tersebut tidak akan hadir ke MK pada 28 Juni mendatang.

"Tidak (datang), jadi kita sepenuhnya sudah kuasakan kepada tim kuasa hukum. Bagi Pak Prabowo dan Bang Sandi. Bukan hanya tuntutan beliau berdua, tapi ini tuntutan publik," kata Dahnil di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta Selatan Senin 24 Juni 2019.

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Beberkan 3 Nepotisme Jokowi

Adapun terkait datangnya massa ke lokasi jelang putusan, menurut Dahnil semua hak konstitusional masyarakat. Pihaknya tetap menghormati proses di MK.

"Kami tetap menghormati proses di MK, masyarakat tentu punya hak konstitusional mereka, kami menghormati itu, tentu posisi kami tidak untuk melarang atau mengimbau," ujarnya.

Mahfud MD: Kami Harap Majelis Hakim MK Bekerja Independen

Dahnil menuturkan, pada putusan MK, Prabowo kemungkinan akan berada di Kertanegara atau di Hambalang. "Bisa berada di Kertanegara, bisa di Hambalang. Sekarang di Jerman, Insya Allah, besok atau Rabu kembali ke tanah air," katanya.

Sebelumnya, MK akan membacakan putusan dari sengketa Pilpres 2019 pada Kamis, 27 Juni 2019. Menurut juru bicara MK Fajar Laksono, pembacaan yang dipercepat dari rencana sebelumnya pada Jumat, 28 Juni 2019, merupakan salah satu hasil dari rapat internal hakim MK.

"Ya, berdasarkan keputusan RPH (Rapat Permusyawaratan Hakim) hari ini, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar pada Kamis, 27 Juni 2019," ujar Fajar di Jakarta, Senin, 24 Juni 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya