PKB Berambisi Duduki Kursi Mendikbud dan Menristekdikti

Kampanye PKB di Pemilu 2014. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA - Partai Kebangkitan Bangsa berambisi mendapatkan kursi menteri yang strategis. Beberapa kursi yang mereka incar adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, juga Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Keinginan kita Menristek, Mendikbud satu kesatuan. Tidak pisah-pisah ngurusnya dari dasar sampai perguruan tinggi," kata Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 25 Juni 2019.

Seperti diketahui, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi saat ini dijabat oleh Mohamad Nasir yang merupakan kader PKB dan sekaligus warga Nahdlatul Ulama. Sedangkan Mendikbud kini diemban Muhadjir Effendy, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang dan sempat menjadi Pengurus Pusat Muhammadiyah bidang pendidikan.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Ya mudah-mudahan saja. Apa yang diharapkan, harapan boleh-boleh saja. Jadi tergantung, nanti kan itu kewenangan presiden," kata dia.

Cucun menyadari, di periode kedua Jokowi nanti, mantan Gubernur DKI Jakarta akan memprioritaskan sektor sumber daya manusia. Ia juga berharap, jatah menteri PKB yang periode pertama ini yang hanya mendapat empat tidak akan berkurang.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Kita berkeinginan dari NU dapat bagian, PKB dapat bagian, itu kan keinginan," kata dia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024