Tanggapi Tudingan Ilegal, Demokrat Tegaskan Kogasma Sesuai AD/ART
Kamis, 4 Juli 2019 | 13:00 WIB

Tanggapi Tudingan Ilegal, Demokrat Tegaskan Kogasma Sesuai AD/ART

Kogasma dibentuk sebagai respons kebutuhan partai untuk pemilu.
Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan
Photo :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan

VIVA – Sekjen Demokrat, Hinca Pandjaitan menanggapi kelompok yang mengatasnamakan diri sebagai Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator (FKPD) Partai Demokrat yang menuding Kogasma ilegal. Hinca menegaskan Kogasma legal.

"Lembaga Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu 2019 Partai Demokrat yang dipimpin oleh saudara Agus Harimurti Yudhoyono merupakan lembaga yang legal dan sesuai dengan spirit Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat," kata Hinca melalui keterangan tertulis, Kamis 4 Juli 2019.

Ia menyebutkan legalitas Kogasma tertuang dalam Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat No.92/SK/DPP.PD/II/2018. Lembaga Kogasma ini dibentuk DPP Partai Demokrat sebagai respons atas kebutuhan partai dalam mensukseskan perjuangan menuju Pemilu 2019. 

"Untuk itu, mengingat UU No.2/ 2011 tentang Partai Politik, AD/ ART Partai Demokrat serta Program Umum Partai Demokrat 2015-2020, maka Rapat Pengurus DPP Partai Demokrat pada tanggal 9 Februari 2018 menetapkan terbentuknya lembaga Kogasma ini. Untuk itu, tudingan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang menilai Kogasma ilegal merupakan tudingan yang keliru dan tidak berdasar," kata Hinca.