Prabowo-Sandi Ajukan Kasasi ke Mahkamah Agung

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 dalam Pemilu 2019, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung terkait dugaan pelanggaran administrasi pemilu. Pengajuan kasasi ini dilakukan oleh kuasa hukum mereka.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Pengajuan kasasi ini dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 terkait perselisihan hasil pemilihan umum.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, kasasi ini dilakukan oleh tim hukum tanpa ada komunikasi. Bahkan Prabowo dan juga Sandi tidak tahu terkait pengajuan ini.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Ini proses kasasi sebelum MK yang belum diterima oleh MK karena ada syarat formil yang belum terpenuhi. Rupanya, tim lawyer perbaiki dan tidak bilang lagi, tidak koordinasi lalu daftar ulang," kata Dasco saat dikonfirmasi, Rabu, 10 Juli 2019.

Menurut Dasco, kasasi dimasukkan ke MA tetap atas nama Prabowo-Sandi. Karena para kuasa hukum masih menggunakan surat kuasa yang diberikan untuk menangani perkara PHPU di MK.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

"Jadi pakai kuasa yang sebelum MK. Perbaikannya enggak koordinasi dan kasih tahu," ujarnya.

Namun menurut Dasco semestinya kuasa tersebut sudah kedaluwarsa. "Ya (atas nama Prabowo-Sandi) tapi kedaluwarsa karena sudah lewat masa waktu," ujarnya. (ase)

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024