Demokrat Nyatakan Tak Akan Mati Tanpa TGB

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, dalam rangka konsolidasi kader di provinsi itu, Sabtu malam, 27 Juli 2019.
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, dalam rangka konsolidasi kader di provinsi itu, Sabtu malam, 27 Juli 2019. Dia mengingatkan para kader agar bersiap menghadapi pilkada NTB tahun 2020.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Hinca tetap optimistis bahwa Partai Demokrat akan sukses meski tanpa sosok M Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB), mantan gubernur NTB yang sebelumnya kader Demokrat lalu pindah ke Partai Golkar.

Dia menganalisis perolehan kursi Partai Demokrat dalam pemilu legislatif 2019 yang, menurutnya, membuktikan partai itu tak terpengaruh hengkangnya TGB ke Golkar. Kursi Demokrat di DPRD NTB memang berkurang dari delapan menjadi tujuh, tetapi total kursi di DPRD kota/kabupaten bertambah dari 39 menjadi 40.

Majelis Hukama Muslimin Peringati Hari Persaudaraan Manusia Sedunia Bersama Kawan Disabilitas

"Bagaimana Demokrat, dengan atau tanpa beliau (TGB), Anda sudah lihat sendiri. Sekalipun di provinsi turun satu dari delapan (kursi) menjadi tujuh, di kabupaten/kota dari 39 menjadi 40,” katanya.

“Apakah partai ini mati, tidak, karena itu kekuatan di Demokrat bukan pada perorangan, tapi pada soliditas kader.”

Khatib Jumat 2 Februari 2024 Diimbau Sampaikan Pesan Persaudaraan Manusia

Meskipun demikian, dia berterima kasih pada TGB yang telah membesarkan Demokrat sekian lama sebelum akhirnya pindah ke Golkar. “[TGB] sekarang sudah tidak bersama dengan kami. Kami doakan supaya dia sukses di tempat dan jalan politik yang dipilihnya," ujarnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024