Mbah Moen Wafat, Prabowo Ajak Umat Islam Salat Gaib - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Selasa, 6 Agustus 2019 | 10:39 WIB

Mbah Moen Wafat, Prabowo Ajak Umat Islam Salat Gaib

Prabowo mendoakan Mbah Moen husnul khatimah.
KH Maimoen Zubair alias Mbah Moen kembali melaksanakan ibadah haji tahun ini
Photo :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

KH Maimoen Zubair alias Mbah Moen kembali melaksanakan ibadah haji tahun ini

VIVA – Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ikut berduka dengan wafatnya kiai kharismatik Maimoen Zubair atau Mbah Moen. Prabowo mendoakan Mbah Moen agar husnul khatimah. Pesan Prabowo disampaikan juru bicaranya, Dahnil Anzar Simanjuntak.

"Pesan Pak Prabowo terkait wafatnya Mbah Moen, 'Innallilahi wa Innailahi rojiun, saya turut berduka cita atas wafatnya KH Maimun Zubair (Mbah Moen), Insya Allah beliau husnul khatimah," kata Dahnil saat dihubungi wartawan, Selasa 6 Agustus 2019.

Ia menambahkan Prabowo mengajak umat Islam untuk mendoakan Mbah Moen. Eks Pangkostrad ABRI itu juga mengajak agar digelar salat gaib.

"Saya mengajak, khususnya umat Islam mari kita doakan beliau dengan menggelar salat gaib di masjid-masjid dan pesantren seluruh Indonesia. Terimakasih," kata Dahnil menyampaikan pesan Prabowo.

Dahnil secara pribadi menilai Mbah Moen merupakan sosok ulama kharismatik dan banyak diikuti umat. Mbah Moen dianggap ulama yang mampu membimbing umat untuk tetap merawat ke-Islaman yang harmoni.

"Kita kehilangan teramat sangat," ujar Dahnil.

Mbah Moen merupakan kiai sekaligus tokoh senior PPP asal Rembang. Ia meninggal di usia 90 tahun. 

Mbah Moen merupakan pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Serang, Rembang, Jawa Tengah. Saat ini sudah ada dua pondok karena pada tahun 2008 didirikan Pondok Pesantren Al-Anwar 2 di Gondan Sarang Rembang.

Dia menimba ilmu di Pondok Lirboyo, Jawa Timur dalam pengasuhan KH Abdul Karim, KH Mahrus Ali dan KH Marzuki. Setelah lima tahun menimba ilmu, Mbah Moen mulai mendirikan pondoknya.

Selain sebagai ulama, Mbah Moen juga seorang Politikus. Dia pernah menjadi Anggota DPRD Rembang selama 7 tahun. Selain itu pernah menjadi Anggota MPR tiga periode.

Mbah Moen sendiri kemudian lebih memilih bergabung dengan PPP sekalipun dia adalah Kiai NU. Hingga saat ini Mbah Moen merupakan Ketua Majelis Syariah PPP.

Sampai akhir hayatnya, Mbah Moen dikenal masih memberikan perhatian terhadap kehidupan umat dan politik di Indonesia.

Saksikan Juga

Motor Mogok di Tengah Macet, Nenek Gendong Jenazah Bayi

TVONE NEWS - 9 jam lalu
loading...
Muat Lainnya...