Megawati: Mbak Puan Sudah Bolak-balik Tanya, Eksekutif Apa Legislatif? - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Sabtu, 10 Agustus 2019 | 18:45 WIB

Megawati: Mbak Puan Sudah Bolak-balik Tanya, Eksekutif Apa Legislatif?

"Keduanya sama-sama penting."
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani
Photo :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani

VIVA – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, mengaku sempat mendapat pertanyaan dari Puan Maharani, setelah Pemilu serentak 2019 berakhir.

Menurut Mega, Puan yang juga putri kandungnya itu, adalah calon legislatif terpilih dan juga masih menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 

"Mbak Puan sudah bolak-balik tanya, nanti saya ditugasi ke legislatif atau ke eksekutif?" kata Megawati di sela pengumuman struktur kepengurusan baru partai di Kongres V PDI Perjuangan, Sanur, Bali, Sabtu 10 Agustus 2019.

Mendapat pertanyaan itu, Megawati belum memberikan kepastian. Ia hanya meminta, Puan bersabar terkait penugasannya nanti setelah dilantik sebagai wakil rakyat di Senayan.

"Ya ntar saja tunggu. (Legislatif atau eksekutif), sama-sama penting," tutur Megawati.

Sebelumnya di hari pembukaan kongres, Megawati menyinggung kursi ketua DPR yang sedianya menjadi hak PDI Perjuangan. Di depan petinggi partai koalisi, Megawati pun bercerita ulang tentang rencana menjegal partainya usai pelaksanaan Pemilu 2014 dalam sekejap mengubah Undang Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3).

Saat itu, sebagai partai pemenang pemilu, aturan diubah dan PDIP gagal menempatkan kadernya sebagai ketua DPR. Di depan para ketua umum dan petinggi partai yang hadir, Megawati menyindir Airlangga Hartarto, ketua umum Golkar.

"Pak Airlangga, jangan mblenjani loh. MD3 loh," kata Megawati disambut tawa semua peserta kongres dan undangan di Kongres V PDI Perjuangan, Sanur, Bali, Kamis 8 Agustus 2019. 

Megawati kemudian bercerita tentang Puan Maharani, putri kandungnya yang saat ini meraih suara terbanyak di parlemen. 

Kini, UU MD3 telah direvisi kembali dan mengembalikan aturan kursi ketua DPR dipilih secara proporsional. Ketika berbicara, Puan berada satu baris dengan para menteri yang hadir dalam kongres.

"Dilihat ini sama anak-anakku. Jaman dulu kita dikibuli terus loh. Untung Bu Mega lapang dada," kata Megawati lagi disambut tawa.

Saksikan Juga

Tenda Lomba Lukis Puan Maharani Ambruk, Kampanye Batal

TVONE NEWS - 6 bulan lalu
loading...
Muat Lainnya...