Miliki Sumber Daya yang Besar, Indonesia Harus Jadi Negara Berdaulat

Muhammad Afzal Mahfudz
Sumber :
  • parlemensenayan.com

Anggota Komisi II DPR RI Muhammad Afzal Mahfudz menuturkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar karena memiliki Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang besar, sehingga sudah semestinya Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat dan tumbuh, sebagaimana misi Indonesia 2045. Karena RAPBN 2020 adalah gerbang untuk memulai penataan menuju bangsa yang lebih disegani dunia.

Pimpinan DPR Belum Izinkan RUU TPKS Dibahas saat Reses, Ini Alasannya

Untuk menjadi bangsa yang berdaulat, Pemerintah dituntut untuk mampu membuat kebijakan yang mengarah pada pemerataan ekonomi, peningkatan lapangan kerja, dan pemberdayaan masyarakat di tengah isu pemindahan ibu kota. Di sisi lain, perkembangan ekonomi global akhir-akhir ini mengalami ujian yang tidak mudah.

“Indonesia harus bertekad jadi negara yang berdaulat dan tumbuh berkembang sesuai misi Indonesia 2045 saat 100 tahun kemerdekaan. Pemerintah harus menempuh hal-hal pemerataan akses hidup layak, lapangan kerja, kepemilikan aset, bantuan dan pemberdayaan masyarakat di tengah isu pemindahan ibu kota,” ujar Afzal saat membacakan pandangan Fraksi Partai Demokrat tentang RAPBN 2020 beserta Nota Keuangannya di hadapan Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8).

DPR Minta Pemerintah Tak Naikan Harga BBM Bersubsidi

Di lain hal, Fraksi Partai Demokrat pun memberikan apresiasinya atas kerja Pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi di tengah kondisi ekonomi global yang punya tantangan besar. Sehingga ke depan, kesejahteraan masyarakat harus dapat ditingkatkan. “Kami juga minta Pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan pertumbuhannya bisa dirasakan seluruh rakyat Indonesia,” ujar Afzal.

Afzal juga mengungkapkan bahwa fraksinya mendukung dan mendorong Pemerintah untuk memaksimalkan lagi tingkat pertumbuhan ekonomi. Karenanya, ke depan tantangan yang dihadapi Pemerintah akan semakin besar, terlebih Indonesia mengalami bonus demografi yang harus dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

DPR Sarankan Aturan Menag soal Toa Masjid Disesuaikan Kondisi Daerah

“F-PD mendukung dan mendorong Pemerintah dalam memaksimalkan pertumbuhan ekonomi. Pemerintah wajib lebih keras lagi meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih besar. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi menandakan peningkatan kesejahteraan di masyarakat pula,” pungkas legislator asal Sulawesi Barat ini.

Deddy Yevri Hanteru Sitorus, Anggota Komisi VI DPR RI

Kelangkaan Minyak Goreng, Komisi 6 DPR: Rantai Pasok Rusak

Hingga saat ini, kelangkaan minyak goreng masih terjadi di beberapa wilayah. Pemerintah dan stakeholder diminta untuk duduk bersama mencari solusi.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022