Jadi Tersangka, Ini Sepak Terjang Veronica Koman sebagai Pengacara HAM
Jumat, 6 September 2019 | 16:14 WIB

Jadi Tersangka, Ini Sepak Terjang Veronica Koman sebagai Pengacara HAM

Veronica Koman aktif sebagai pengacara HAM.
Veronica Koman (kanan)
Photo :
  • Twitter/@VeronicaKoman

Veronica Koman (kanan)

VIVA – Aktivis dan juga pengacara HAM, Veronica Koman telah ditetapkan sebagai tersangka ujaran kebohongan alias hoax dan provokasi terkait kerusuhan Papua di akun media sosialnya. Dilansir dari laman VIVAnews, Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan mengatakan, penetapan itu diputuskan setelah dalam gelar perkara didapati hal-hal dugaan provokasi yang mengarah ke hoax dalam unggahan Veronica di Twitter.

Veronica yang ditetapkan sebagai tersangka kasus hoax mendapat perhatian dari Amnesty International Indonesia. "Kriminalisasi Veronica Koman akan membuat orang lain takut untuk berbicara atau memakai media sosial untuk mengungkap segala bentuk pelanggaran HAM terkait Papua," kata Usman Hamid, Direktur Eksekutif Amnesty, dikutip dari keterangan tertulisnya.

Selama ini Veronica memang aktif menyerukan isu-isu HAM dalam berbagai kesempatan, termasuk melalui akun media sosialnya. Berikut rekam jejak Veronica Koman sebagai pengacara HAM, dikutip dari keterangan tertulis LBH Jakarta.

2015
Menjadi Pengacara publik di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Pernah mendampingi 2 mahasiswa Papua yang menjadi tersangka karena terlibat kericuhan dengan polisi saat demonstrasi di Jakarta.

2016
Menjadi tim kuasa hukum yang meminta pemerintah membuka dokumen laporan Tim Pencari Fakta (TPF) kasus Munir.

loading...