Logo BBC

'Teror' ke Pegiat Antikorupsi Giring Opini Publik soal Revisi UU KPK

- BBC
- BBC
Sumber :
  • bbc

Revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (RUU KPK) telah disahkan meski mendapat penentangan dari sebagian kalangan masyarakat.

Sejumlah pegiat antikorupsi dan analis menemukan adanya kampanye siber yang diduga bertujuan menggiring masyarakat untuk menerima beleid atau aturan tersebut.

Wijayanto mempertimbangkan untuk mengganti nomor ponselnya karena curiga bahwa nomor yang sekarang telah diretas.

Dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah itu mengatakan bahwa dirinya dan orang-orang terdekatnya mendapat "teror" lewat panggilan telepon sejak bergabung dengan grup WhatsApp yang menentang revisi undang-undang KPK.

Kepada BBC News Indonesia, Wija - begitu ia akrab dipanggil - bercerita bahwa sekitar dua pekan lalu ia mulai menerima panggilan telepon dari nomor-nomor tak dikenal.

Semua nomor tersebut berasal dari luar negeri. Ketika diangkat, yang terdengar hanya hening. "Nggak ada yang ngomong di sana," ujarnya pada Kamis (19/09).

Wija kemudian mengecek grup WhatsApp Aliansi Akademisi Antikorupsi Indonesia yang beranggotakan dosen-dosen dari berbagai universitas, dan mendapati bahwa banyak rekan-rekannya mengalami hal yang sama.

"Banyak laporan dari teman yang lain, screenshot yang isinya bahwa mereka juga menerima telepon dari nomor asing dari berbagai negara," kata Wija. "Jadi saya tidak sendirian."

Imbas dari panggilan telepon misterius itu, ia melanjutkan, satu per satu rekannya meninggalkan grup tersebut. Mereka tidak hanya ogah ditelepon nomor asing, tapi juga takut akun WhatsApp mereka diretas.