Logo ABC

Adakah Penerus Ahok?

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid.
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid.
Sumber :
  • abc

Mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bukanlah politisi pertama keturunan Tionghoa di Indonesia walau mungkin paling kontroversial. Bagaimana pergerakan para politisi Tionghoa di Indonesia setelah Ahok?

Itulah yang dibicarakan oleh Dirjen Kebudayaan Dr Hilmar Farid dalam konferensi internasional mengenai Tionghoa Indonesia yang diselenggarakan Herb Feith Indonesian Engagement Center Monash University hari Kamis (3/10/2019).

Hilmar Farid hadir di kampus Monash University di Melbourne sebagai salah satu dari dua pembicara utama dalam konferensi yang berlangsung 1-3 Oktober 2019 tersebut. Konferensi ini membahas masalah Tionghoa Indonesia dari berbagai sudut mulai dari sejarah, budaya, sampai ke politik.

Pembicara utama lainnya adalah Prof Karen Strassler dari Amerika Serikat yang membeberkan penelitiannya mengenai peran warga Tionghoa di dunia fotografi di Indonesia.

Sebagai salah satu politisi yang mendominasi pemberitaan di Indonesia paling tidak selama lima tahun terakhir, Ahok menjadi titik bahasan utama Hilmar Farid untuk menggambarkan sepak terjang warga Tionghoa Indonesia di dunia politik terutama sejak reformasi 1998.

Lebih banyak dikenal setelah menjadi Wakil Gubernur Jakarta di tahun 2012 dan kemudian menjadi Gubernur di tahun 2014, Ahok sebelumnya pernah menjadi Bupati di tanah kelahirannya, Bangka Belitung.

"Namun Ahok bukanlah orang Tionghoa Indonesia pertama yang menjadi kepala daerah lewat pemilihan langsung. Yang pertama adalah Yansen Akun Effendy yang menjadi Bupati Sanggau (Kalimantan Barat) di tahun 2003. Ahok menjadi Bupati di tahun 2005," kata Hilmar Farid.