Mungkinkah Pengalaman 10 Tahun SBY Meluluhkan Hati Jokowi?

Presiden terpilih Joko Widodo (kanan) bersama Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin (kiri).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan memberi sinyal kuat bahwa partainya akan merapat ke kabinet Pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Ia secara terang-terangan menawarkan pengalaman Susilo Bambang Yudhoyono ketika menjadi Presiden Republik Indonesia keenam.

Berbekal menjadi orang nomor satu di Indonesia selama 10 tahun atau 2 periode, merupakan 'senjata' bagi Partai Demokrat membantu duet Jokowi-Ma'ruf memecahkan persoalan bangsa ke depan.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

"Partai Demokrat memerintah selama 10 tahun. Sudah tahu, sudah mempunyai pengalaman apa yang kira-kira yang bisa dilakukan untuk bangsa ini lebih baik ke depan," kata Syarief Hasan saat ditemui di kediaman Megawati Soekarnoputri, seperti dikutip dari VIVAnews.

Ia menyatakan, partainya siap apabila kadernya diminta untuk menjadi menteri. Namun, semua keputusan itu tetap ada di tangan Jokowi yang punya hak prerogatif menentukan para pembantunya kelak. Termasuk jika Ketua Kogasma Demokrat yang juga putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilirik menjadi menteri.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Itu kan hak prerogatif presiden, partai mana, posisi mana yang akan ditempatkan itu sepenuhnya hak prerogatif presiden," kata dia.

Sebelumnya, Pesiden Joko Widodo mengakui pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, juga membahas masalah kabinet.

Namun, usai pertemuan disebut belum ada kesepakatan. Jokowi mengatakan, pertemuan lebih kurang 30 menit itu dirinya belum memutuskan apakah Demokrat mendapatkan kursi menteri atau tidak. "Ditanyakan ke Pak SBY langsung. Kita bicara itu, tetapi belum sampai sebuah keputusan," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya