Logo ABC

3 Menteri Jokowi Favorit Milenial, Layak Dipilih Lagi?

Menteri Perikanan Susi Pudjiastuti paling berprestasi
Menteri Perikanan Susi Pudjiastuti paling berprestasi
Sumber :
  • abc

Tiga Menteri dalam kabinet pemerintahan Presiden Jokowi 2014-2019 yakni Susi Pudjiastuti, Sri Mulyani Indrawati (SMI) dan Basuki Hadi Mulyono dinilai sebagai anggota Kabinet Kerja paling memuaskan.

Menteri Kabinet Jokowi Berprestasi Susi Pudjiastuti dipuji karena kebijakan penenggelaman kapal nelayan asing. Menteri Keuangan Sri Mulyani dipuji berhasil mencapai target penerimaan negara di tahun 2018. Menteri Basuki Hadi Mulyono dianggap sukses mewujudkan pembangunan infrastruktur di banyak wilayah Indonesia.

Oleh generasi milenial Indonesia, ketiganya disebut memiliki kinerja dan prestasi paling menonjol.

Kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk menenggelamkan kapal-kapal asing yang mengambil ikan tanpa izin di perairan Indonesia dianggap sebagai prestasi yang menonjol.

Dengan jargon "tenggelamkan", generasi milenial menilai kebijakan kontroversial Susi itu berdampak positif terhadap nelayan dan industri perikanan Indonesia.

"Salah satu prestasi yang saya salut dengan beliau ketika berani menenggelamkan kapal-kapal yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil ikan-ikan di wilayah kelautan Indonesia."

"Karena beliau benar-benar memikirkan kesejahteraan bangsa kita," kata Giffarita Kusuma (21) kepada ABC.

Milenial yang berprofesi sebagai content writer ini mengatakan Susi adalah sosok yang tepat untuk tetap menjabat posisi Menteri Kelautan dan Perikanan di pemerintahan Jokowi periode kedua.