Fakta Jelang Pelantikan Jokowi - Ma'ruf Amin, Ada Sederet Mobil Mewah

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Twitter Joko Widodo

VIVA – Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wapres 2019-2024, pada 20 Oktober mendatang. Acara itu akan dihadiri oleh banyak tamu negara, dan juga perwakilan negara sahabat.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Ketua MPR Bambang Soesatyo setelah rapat gabungan dengan seluruh pimpinan fraksi dan DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 9 Oktober 2019 menyebutkan, MPR telah sepakat pelantikan akan berlangsung pukul 14.30 WIB.

Berikut ini sejumlah fakta yang dirangkum VIVA.co.id, dari sejumlah sumber terkait persiapan pelantikan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Pengamanan 30 ribu aparat gabungan

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa aparat gabungan siap mengamankan pelantikan Jokowi-Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 pada Minggu, 20 Oktober 2019. Menurut Hadi, ada sekitar tiga puluh ribu aparat gabungan dari TNI-Polri yang akan bertugas.

Prabowo Bakal Pajang Lukisan dari SBY di Istana Presiden yang Baru

"Panglima TNI dan Kapolri, KSAD, KSAU, KSAL, siap melaksanakan tugas tersebut," ujar Hadi usai apel persiapan pengamanan pelantikan di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2019 dilansir dari VIVAnews. 

Hadi menyampaikan, komposisi tiga puluh ribu aparat dibagi ke dalam tiga ring. Rinciannya, ring satu merupakan lingkaran terdekat presiden - wapres yang akan diamankan Pasukan Pengaman Presiden. Sisanya ring dua yang masih diamankan TNI. Kemudian, ring tiga diamankan pasukan gabungan dari TNI-Polri.

Car Free Day ditiadakan 

Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang rutin dilaksanakan di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, setiap Minggu, ditiadakan pada 20 Oktober 2019. Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo, peniadaan terkait pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden-wakil presiden pada Minggu itu.

"CFD hari Minggu (20 Oktober 2019) ditiadakan," ujar Syafrin saat dihubungi melalui sambungan telepon pada Kamis, 17 Oktober 2019.

Syafrin menyampaikan, DKI Jakarta menghormati acara kenegaraan terkait pelantikan Jokowi-Ma'ruf untuk memimpin Indonesia hingga 2024. Pelantikan akan dilakukan di Gedung DPR/MPR, Senayan.

Jalan ditutup 

Sejumlah ruas jalan di kawasan sekitar Gedung DPR/MPR, Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai ditutup sejak Kamis 17 Oktober 2019. Penutupan dilakukan sampai hari pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih 2019-2024, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, pada Minggu 20 Oktober 2019.

"Betul demikian," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir, saat dikonfirmasi, Kamis 17 Oktober 2019.

Hal ini dilakukan tak lain karena mulai dilakukan sterilisasi di sekitar Gedung DPR dari kendaraan maupun pengunjuk rasa.  Karena itu, penutupan terpaksa dilakukan.

Atas adanya hal ini, para pengendara diharap bisa maklum. Tapi, tak perlu khawatir, karena polisi telah menyediakan pengalihan arus lalu lintas agar aktivitas warga tak terganggu.

Jokowi Ma’ruf akan diarak

Presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, akan diarak dari Bundaran Patung Kuda, Jakarta, ke Istana Merdeka, di hari pelantikan mereka sebagai kepala negara periode 2019-2024.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Syukuran Inagurasi Presiden dan Wakil Presiden, Andi Gani Nena Wea, hal itu akan dilakukan sesampainya Jokowi-Ma'ruf di Bundaran Patung Kuda dari lokasi pelantikan di Gedung DPR, Senayan.

"Setelah pelantikan, Pak Jokowi akan bergerak ke Istana Merdeka bersama wakil presiden, Bapak Kyai Haji Ma'ruf Amin dan beserta istri, bersama-sama menuju Istana Merdeka," ujar Andi dalam konferensi pers di Menteng, Senin, 14 Oktober 2019 dilansir dari VIVAnews.

Andi menyampaikan dari Bundaran Patung Kuda ke Istana Negara, ada setidaknya enam panggung yang diisi hiburan, juga layar raksasa.

"Sebelum presiden datang bersama wakil presiden, panitia menyiapkan pertunjukan budaya-budaya di sekitar Bundaran Patung Kuda sampai depan Istana Merdeka," ujar Andi.

Mobil mewah tamu negara 

Sebanyak 18 unit mobil mewah berjejer di halaman belakang Istana Negara Jakarta sejak Kamis pagi, 17 Oktober 2019. Mobil pabrikan Mercy seri S450 dan E300 itu akan digunakan untuk tamu negara saat pelantikan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wapres periode 2019-2024.

Tertulis di dalam mobil tersebut 'Kendaraan Inagurasi Presiden 20 Oktober 2019'. Sementara pelat-pelatnya juga dipasang menyesuaikan dengan pemimpin asal negara-negara sahabat yang akan datang. 

Seperti pelat untuk Singapura, Vietnam, AS, China, Malaysia, dan sejumlah negara sahabat lainnya. Mobil-mobil ini sudah dicoba sebelumnya. Pihak Mercy sudah memberi penjelasan, terkait fitur-fitur dari mobil ini. 

Mobil mewah itu disewa selama empat hari, untuk kepentingan kepala negara atau utusan dari negara sahabat, yang datang menghadiri pelantikan. Penyewaan mobil tersebut merupakan permintaan dari Kementerian Luar Negeri.

Polresta Solo mengerahkan sebanyak 510 personel untuk mengamankan kota kelahiran Jokowi saat pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu, 20 Oktober 2019. Tak hanya itu, polisi juga memperketat keamanan di rumah pribadi Presiden Jokowi.

Kapolresta Solo AKBP Andy Rifai mengatakan, sebagai bentuk persiapan untuk pengamanan pada hari ini, Jumat, 18 Oktober 2019, semua pasukan mengikuti gelar apel pengamanan untuk pelantikan presiden dan wakil presiden. Pengamanan itu dilakukan agar selama proses pelantikan nanti tidak ada pihak-pihak yang mengganggu situasi di kota kelahiran Presiden Jokowi.

"Walaupun kegiatannya di Jakarta, tapi kami melakukan kegiatan imbangan di wilayah kami supaya saat pelaksanaan dengan lancar," kata Andy di Mapolresta Solo, Jumat, 18 Oktober 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya