Jokowi: Formasi Kabinet Sudah Rampung, Besok Dikenalkan

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Twitter Joko Widodo

VIVA – Presiden Joko Widodo sudah menuju ke Gedung MPR/DPR untuk menghadiri pelantikan dirinya sebagai Presiden RI periode 2019 - 2024. Beliau ditemani keluarga, namun tak tampak Jan Ethes dan ibu atau istri dari Gibran.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Dalam siaran tvOne, Minggu, 20 Oktober 2019, selain sang istri, Jokowi juga ditemani Gibran, Kahiyang dan suami, Bobby Nasution dan putri mereka, Sedah Mirah. Tampak juga Kaesang yang  rambutnya sedikit bergaya polem, dan berpakaian warna senada dengan Gibran.

Saat ditanya oleh wartawan mengenai perasaan hati Jokowi akan menghadiri pelantikannya hari ini, kakek Jan Ethes itu menjawab dengan tenang.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

“Kan ini yang kedua, jadi biasa saja,” kata Jokowi.

Dalam wawancara itu, Jokowi juga mengatakan bahwa dia telah merampungkan formasi kabinet untuk pemerintahannya lima tahun ke depan. Semua menteri akan diperkenalkan besok pagi, Senin, 21 Oktober 2019.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

“(Formasi kabinet) sudah rampung. Besok dikenalkan,” katanya.

Susunan ini, disebutnya memang harus dirampungkan dengan cepat, karena pertimbangan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan mengadakan lawatan ke luar negeri. Ma’ruf yang disapa Abah, dijadwalkan akan menghadiri penobatan kaisar.

Jokowi juga menegaskan bahwa dari sususan kabinet itu, ada sekitar 16 kursi yang berasal dari partai. Sisanya masih tanda tanya, apakah dari profesional atau lainnya.

“Banyak yang lama, tapi yang baru lebih banyak,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya