Logo BBC

Nadiem dan Erick Thohir Siap Jadi Menteri, Begini Reaksi Pasar

- Wahyu Putro A/ANTARA FOTO
- Wahyu Putro A/ANTARA FOTO
Sumber :
  • bbc

Apa reaksi pasar dan analis ekonomi setelah Presiden Joko Widodo menawari kursi menteri kepada Nadiem Makarim, CEO Gojek, dan Erick Thohir, bos PT Mahaka Media Tbk?

Presiden Joko Widodo mulai memanggil beberapa nama ke Istana Merdeka, Senin (18/10), dan pasar pun bereaksi. Salah satu yang dipanggil adalah Erick Thohir, ketua tim kampanye nasional Jokowi dalam pemilihan umum tahun ini.

Kepada wartawan, Erick mengaku bahwa ia ditawari Jokowi untuk masuk kabinet dan mengaku siap mundur dari perusahaannya, PT Mahaka Media Tbk untuk menghindari konflik kepentingan, "meskipun berat secara pribadi."

Selain Erick Thohir, Nadiem Makarim, yang kabarnya akan ditunjuk sebagai menteri digital dan ekonomi kreatif atau menteri pendidikan, pun membeberkan bahwa ia telah mundur dari posisinya sebagai bos Gojek.

Kini posisi CEO di perusahaan yang bernilai mendekati US$10 miliar tersebut dijabat untuk sementara oleh presiden grup Gojek Andre Sulistyo dan rekan pendiri Kevin Aluwi.

"Saya mendapat kehormatan yang luar biasa untuk bisa bergabung ke kabinetnya Pak Presiden," ujar pria berusia 35 tahun tersebut kepada wartawan.

"Saya bersedia, saya menerima."