Mahfud MD Orang Sipil Pertama, Siapa Menkopolhukam Pertama dari TNI

Serah Terima Jabatan Menko Polhukam dari Wiranto ke Mahfud MD.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVA – Mahfud MD resmi menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) menggantikan Wiranto. Serah terima jabatan dilaksanakan di Kantor Kemenko Polhukam di Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.

Momen Wiranto dan AHY Ikut Bermalam di IKN Nusantara Bareng Jokowi

Sebagai Menko Polhukam, Mahfud MD akan menjadi koordinator beberapa kementerian strategis seperti Menteri Pertahanan, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Luar Negeri, Menteri Dalam Negeri, Mabes TNI dan Polri, serta Badan Intelijen Negara (BIN).

Dalam sejarah Republik Indonesia berdiri, pria kelahiran Sampang, Madura, Jawa Timur 62 tahun silam ini juga menorehkan tinta sejarah setelah ditunjuk sebagai Menko Polhukam.

Wiranto Sebut Hadi Tjahjanto Sosok Tepat Jadi Menko Polhukam, Paham Anatomi Ancaman

Sebab, ia menjadi orang sipil pertama yang menjabat sebagai pimpinan kementerian tersebut. Sebelumnya, selalu diisi oleh purnawirawan TNI.

Lantas, siapa tokoh militer atau TNI pertama yang menjabat Menko Polhukam?

Wiranto: Saya Sebagai Pembina TKN, Bersaksi Tak Ada Agenda Apalagi Rencanakan Kecurangan

Maraden Panggabean.

Berdasarkan data yang diolah VIVA, jabatan ini dibentuk pada masa pemerintahan Orde Baru atau Presiden Soeharto berkuasa, tepatnya pada Kabinet Pembangunan III yang awalnya bernama Menteri Koordinator Bidang Politik, dan Keamanan disingkat Menkopolkam pada 1978.

Jabatan ini selalu dipegang oleh seseorang dengan latar belakang militer atau TNI. Tokoh pertama yang mengisi jabatan tersebut adalah Jenderal TNI Maraden Panggabean untuk periode 31 Maret 1978 hingga 19 Maret 1983 dalam Kabinet Pembangunan III.

Pada 2000, Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur meleburkan Kemenko Polhukam dengan Kemenko Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan, yang berganti nama menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan (Menko Polsoskam).

Namun, era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diubah lagi menjadi Menko Polhukam hingga saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya