Pilpres 2019 Paling Dicari di Google

Rapat Pleno Rekapitulasi Pilpres 2019 oleh KPU.
Sumber :
  • Twitter @KPU_RI

VIVA – Mesin pencarian Google menyebut Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019 menjadi penelusuran terpopuler atau trending bagi pengguna internet di Indonesia.

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami mengatakan bahwa Pilpres 2019 menjadi peristiwa terpopuler atau lantaran menandakan perubahan bagi Indonesia.

"Bukan siapa yang dipilih, tapi menandakan sebuah peristiwa besar karena menjadi pemilu terbesar sepanjang sejarah," ujarnya di Jakarta, Rabu, 11 Desember 2019.

Ada Android 15 bikin Fitur Ini bisa Digunakan untuk Melacak HP Mati

Lebih lanjut Veronica menjelaskan, agenda pemilihan umum (pemilu) tahun ini menjadi banyak dan rumit, sehingga bertambah juga jumlah informasi yang harus masyarakat olah.

Pilpres 2019 menjadi pencarian tertinggi pada 14-20 April 2019 dengan wilayah tertinggi penelusuran ada di Maluku Utara.

YouTube Premium Bisa Dinikmati 10 Negara, Ada Pulau Paling Sial

Topik yang terkait di antaranya kecurangan, exit poll, Kwanlen Polytechnic University, Badan Pertahanan Nasional, dan hitung cepat atau quick count.

Selain Pilpres 2019, topik terpopuler lainnya adalah lagu Cinta Luar Biasa milik Andmesh, film Dua Garis Biru, hidup Sehat, Bucin, KKN Desa Penari, Telur Gulung, Keluarga Cemara, Nadiem Makarim, Wishnutama, dan RUU KUHP.

Sebelumnya, dua menteri baru Presiden Jokowi menjadi terpopuler di Google. Menurut Veronica, berdasarkan penelusuran terpopuler tahun ini, dua menteri baru Jokowi yang mendunia adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparenkraf) Wishnutama.

"Iya bisa jadi relevansi dia jadi menteri. Jadi kalau diperhatikan ada berita atau peristiwa yang terjadi sama dua menteri baru itu pastinya bikin penasaran warganet. Ada apa ya? Kenapa sih? Begitulah," kata dia.

Pencarian terkait Nadiem Makarim paling tinggi terjadi pada 20-26 Oktober 2019 dengan wilayah terbanyak ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sedangkan, Wishnutama waktu pencarian tertinggi, juga di tanggal yang sama, namun untuk wilayahnya berada di DKI Jakarta.

Veronica menuturkan pada penghujung tahun ini, Google resmi merilis apa saja yang menjadi terpopuler atau trending di sepanjang 2019.

Akan tetapi, untuk trending tahun ini bukan berdasarkan penelusuran terbanyak, melainkan jumlah penelusuran yang meningkat selama periode berkelanjutan.

Ia mengatakan ada sembilan kategori trending seperti Top 10 untuk tren pencarian, tokoh, kepergian tokoh, peristiwa nasional, lagu, apa itu, bagaimana cara, resep, dan film.

"Tahun ini banyak melihat bagaimana masyarakat ingin berubah menjadi lebih sehat dan menaruh harapan pada tokoh yang menginspirasi akan perubahan," ungkap Veronica.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya