Kasus Dugaan Suap, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Dipanggil KPK Lagi

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di KPK.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sekretaris Jenderal PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto akan kembali diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Rabu 26 Februari 2020.

Gelar Rakornas, PDIP Mulai Panaskan Mesin Partai untuk Pilkada Serentak 2024

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyebut Hasto akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap pengurusan PAW anggota DPR dari PDIP, yang menjerat mantan Anggota KPU Wahyu Setiawan. 

“Iya benar (akan diperiksa) sebagai saksi untuk tersangka WSE,” kata Ali.

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Pada kasus ini, Penyidik juga pernah memeriksa Hasto beberapa waktu lalu.  Sebelumnya, KPK sebenarnya telah memanggil saksi lain yakni Ketua Komisioner KPU Arief Budiman, Komisioner KPU Evi Novida Ginting, anggota DPR RI Fraksi PDIP Riezky Aprilia, dan advokat DPP PDIP Donny Tri Istiqomah pada Selasa, 25 Februari 2020.

Namun, pemeriksaan keempat saksi tersebut dibatalkan lantaran terjadinya banjir di beberapa wilayah di Jakarta.

Hasto Usul Kasus Connie Bakrie Disetop, Minta Aparat Fokus Usut Korupsi Tambang

Penyidik dan saksi pun telah sepakat akan menjadwalkan ulang pemeriksaan. Pada kasus ini, KPK baru menetapkan empat orang sebagai tersangka.

Mereka yakni Wahyu Setiawan, mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina, Staf DPP PDIP, Saeful dan Celeg PDIP Harun Masiku. Hingga saat ini tinggal Harun Masiku yang masih buron sampai saat ini. 

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto saat ditemui di Taman Budaya, Yogyakarta.

5 Pernyataan Sikap PDIP Usai MK Tolak Gugatan Ganjar-Mahfud

Hasto mengucapkan terima kasih kepada para hakim MK yang berani menyampaikan kebenaran dalam putusan PHPU untuk Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024