Periksa Sekjen PDIP, KPK Kantongi Bukti Percakapan Elektronik

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai menjalani pemeriksaan di KPK.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ama.

VIVA –  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memanggil Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto terkait skandal suap Pergantian Antarwaktu (PAW) di tubuh partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut. KPK memanggil Hasto dengan bekal percakapan elektronik.

Hasto Sebut Pemilu 2024 Hasil Bansos Effect, Gerindra: Seperti Nyinyiran Nenek-nenek

"Hari ini kami kembali periksa Hasto Kristiyanto sebagai saksi selaku Sekjen PDIP di mana pemeriksaan hari ini merupakan pendalaman pemeriksaan sebelumnya dan lebih fokus kepada terkait konfirmasi isi dari barang bukti elektronik," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Rabu 26 Februari 2020.

Namun Ali masih enggan membeberkan detail dari bukti percakapan yang dikonfirmasi langsung ke Hasto. Hanya saja, dari percakapan tersebut nama Hasto memang muncul sehingga perlu untuk dilakukan pendalaman dengan meminta keterangan langsung.

Hasto Sebut Pemilu 2024 Hasil Bansos Effect, Gerindra: Narasinya Seperti Nyinyiran Nenek-nenek

"Bahwa mengenai nama, materi seperti apa, saya sampaikan secara umum bahwa itulah yang kemudian dipertanyakan kepada para saksi oleh penyidik KPK. Namun tentang detailnya seperti apa, tentu belum bisa saya sampaikan hari ini," kata Ali. 

Selain Hasto, tim penyidik juga mendalami mengenai percakapan tersebut dengan memanggil Nurhasan, satpam yang bertugas sehari-hari di kantor Hasto. 

Hasto Bicara Ancaman bagi Demokrasi meski PDIP Menang Pemilu Tiga Kali

"Detailnya enggak bisa disebutkan termasuk saksi terakhir Nurhasan penjaga atau tenaga keamanan di Kantor Hasto, itu juga mengonfirmasi beberapa percakapan dan komunikasi melalui barang bukti dan elektronik," katanya.

Ali menambahkan, semuanya akan dibuka secara terang benderang nantinya di pengadilan. "Nanti di persidangan tentu akan dibuka seluas-luasnya oleh jaksa penuntut umum yang akan menyidangkan perkara keempat tersangka ini," imbuhnya.

Ilustrasi/Simpatisan PPP

Hasto Sebut Ada Operasi Politik di Balik Gagalnya PPP ke DPR, Waketum PPP: Belum Ada Bukti

Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, PPP, Amir Uskara, mengatakan partainya tidak mau menuding siapapun, terkait perolehan suara PPP yang tidak sampai 4 persen.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024