Jadi Kontroversi, Pemerintah Tunda RUU HIP
Selasa, 16 Juni 2020 | 17:58 WIB

Jadi Kontroversi, Pemerintah Tunda RUU HIP

Penundaan pengesahan RUU HIP disampaikan Mahfud MD.
Menko Polhukam Mahfud MD.
Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Menko Polhukam Mahfud MD.

VIVA – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan pemerintah menunda pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang saat ini menjadi polemik di tengah masyarakat.

Namun Mahfud mengingatkan kepada para anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) yang tak laian sebagai pengusul RUU HIP juga harus lebih banyak berdiskusi dengan masyarakat.

"Terkait RUU HIP, Pemerintah menunda untuk membahasnya, dan meminta DPR sebagai pengusul untuk lebih banyak berdialog dan menyerap aspirasi dulu dengan semua elemen masyarakat," kata Mahfud lewat Twitter yang dikutip pada Selasa, 16 Juni 2020.

Mahfud menyampaikan alasan pemerintah menunda pembahasan RUU HIP, di antaranya sekarang sedang fokus penanganan percepatan wabah Corona COVID-19. Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Mahfud dan Yasonna Laoly untuk menyampaikan kepada publik.

"Pemerintah masih lebih fokus dulu untuk menghadapi pandemi COVID-19. Menko Polhukam dan Menkum-HAM diminta menyampaikan ini.