Jokowi Puja-puji MK Setinggi Langit

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja Mahkamah Konstitusi (MK) selama pelaksanaan Pemilihan Umum serentak 2019. Saat hadir pada sidang pleno khusus Mahkamah Konstitusi (MK), hari ini, Jokowi memuji transparansi institusi Mahkamah dalam menyelesaikan sengketa hasil pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

"Atas nama pemerintah saya ingin mengapresiasi dan penghargaan atas pencapaian besar MK selama 2019 dalam menyelesaikan sengketa hasil pilpres dan pileg melalui proses yang sangat transparan," kata Jokowi di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020.

Transparansi yang dimaksud Jokowi, lembaga yang diketuai Anwar Usman itu menyiarkan setiap langsung perselisihan hasil suara atau sengketa dugaan kecurangan ke depan publik. Menurut Jokowi, kepercayaan publik amat penting dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

Bahlil Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Tony Blair: Energi Baru hingga IKN

"Terbuka, dan pertimbangan yang matang dan adil, hasilnya proses demokrasi yang dipercaya masyarakat," lanjut Jokowi.

Jokowi juga menyinggung kinerja mahkamah dalam forum peradilan internasional. Kepercayaan dunia terhadap sistem peradilan konstitusi di Indonesia mendapatkan pujian juga dari pihak luar.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

"Saya juga mengapresiasi atas keberhasilan dan peran aktif MK dalam forum peradilan konstitusi internasional. Sehingga MK makin disegani, MK makin dihormati, dan bermartabat di mata dunia," kata Jokowi.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Bahlil Yakin Jokowi Mau Bertemu dengan Megawati: Tidak Perlu Grasah Grusuh

Bahlil mengomentari wacana pertemuan antara Jokowi dan Megawati pasca Pilpres 2024. Dia optimis dua tokoh itu lambat laun bakal bertemu.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024