PDIP: Pak Harto 32 Tahun Tidak Pernah ke Kediri

Presiden Soeharto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Politisi PDIP Said Abdullah mengamini pernyataan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang mengatakan jika Presiden Jokowi dilarang ke Kediri lantaran bisa jatuh dari kekuasannya. Menurut Sid, hal tersebut merupakan kultur yang ada di Indonesia.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Diketahui, Pramono mengatakan dia termasuk yang menyarankan Jokowi tidak ke Pesantren Lirboyo Kediri, lantaran khawatir dilengserkan.

"Ini budaya kita, mitos, legenda, itu kan kadang-kadang memang selalu menghantui kita, dan apa yang disampaikan oleh Pak Pram benar adanya. Karena Pak Harto itu 32 tahun tidak pernah ke Kediri juga. Pak SBY juga tidak pernah ke Kediri, Gus Dur yang berani ke Kediri akhirnya jatuh juga, hahaha," ujar Said di gedung DPR, Senin 17 Februari 2020.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Said menjelaskan, bukan tanpa alasan jika Pramono melarang orang nomor satu di Indonesia ini berkunjung ke sana. Dia menyebut jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kemudian disangkut pautkan oleh warga tentang kedatangan Jokowi.

"Bahwa presiden kemudian diingat pada tingkat Pemerintahan nasional seperti yang disampaikan Pak Pram, saya setuju 100 persen itu. Karena nanti akan menimbulkan analisa yang macam-macam," kata dia.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Seperti diketahui, politikus Demokrat Roy Suryo ikut bersuara soal isu Kediri. Ia mengkritisi sebagai kepala negara seharusnya tak menjadi persoalan untuk Jokowi ke Kediri.

"Tweeps, semua tergantung niat & tujuannya. Seorang Presiden adalah pemimpin semua Rakyatnya, jadi harus juga ke Kediri," demikian cuitan Roy di akun Twitternya yang dikutip VIVAnews, Senin, 17 Februari 2020.

Roy menekankan kembali imbauan Pramono yang melarang Jokowi ke Kediri. Tapi, Roy yang juga mantan Menteri Pemuda dan Olahraga era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu percaya Jokowi tak takut dengan berbau mistik.

"Saya percaya Pak @jokowi & @Kiyai_MarufAmin meski dekat dgn @pramonoanung tetapi tidak takut dgn Gendruwo, Tuyul, Banaspati, Wedon, apalagi Setan Lengser khan?," tulis Roy.

Dikonfirmasi terpisah terkait cuitannya, Roy membandingkan Jokowi dengan SBY. Kata dia, SBY tak masalah ke Kediri saat menjadi Presiden RI ke-6. Menurut Roy, SBY berkunjung ke Kediri pada 2007 saat erupsi Gunung Kelud.

"Buktinya itu Pak SBY tak ada masalah. Terpilih lagi pas 2009 kan," ujar Roy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya