Eks Kapolda 'Borong' Partai di Pilkada Surabaya, Nasdem Gabung Juga

Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin direkomendasikan Nasdem untuk Pilkada Surabaya
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Mantan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Machfud Arifin memperoleh modal rekomendasi lagi untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah Surabaya. Kali ini Partai Nasdem yang mengeluarkan rekomendasi untuk Machfud. 

Minta Dukungan Nasdem-PKS untuk 2024, Edy: Tak Ada Niat Curi Start

Total enam partai politik sudah yang sudah terang-terangan mendukung jenderal purnawirawan kelahiran Surabaya itu.

Rekomendasi Nasdem diumumkan secara terbuka di hadapan seluruh pengurus dan kader partai besutan Surya Paloh itu di Hotel Majapahit Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu, 19 Februari 2020. Machfud hadir bersama istri, Lita Machfud. Dari Nasdem, hadir Ketua DPD Jatim Sri 'Jeanette' Sajekti dan Ketua Nasdem Surabaya Robert Sumangunsong.

Surya Paloh Sebut Tak Ada Alasan Jokowi untuk Reshuffle Kabinet

Machfud mengaku awalnya tidak mau maju sebagai bakal calon Wali Kota Surabaya, kendati beberapa tokoh mendorongnya sejak masih menjabat Kapolda Jatim. Niatnya maju baru muncul setelah melihat dan menerima keluhan warga di beberapa kampung yang mengaku kesulitan memenuhi hajat hidup, seperti air.

"Saya lalu komunikasi dengan istri dan anak, diizinin, ya, sudah, maju," ujarnya. 

Airlangga dan Surya Paloh Singgung Airin-Sahroni, Duet Pilkada DKI?

Machfud bersyukur Nasdem akhirnya bergabung mendukung dirinya, menyusul lima partai lain yang lebih dulu menyatakan dukungan, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa, Gerindra, Demokrat, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan. 

"Nasdem termasuk golongan partai yang sangat cerdas dalam memilih calon pemimpin," pujinya. 

Sementara itu, Ketua Nasdem Surabaya, Robert Sumangunsong mengklaim bahwa rekomendasi yang diberikan partainya untuk Machfud tanpa mahar sepeser pun. Pilihan dijatuhkan karena diyakini Machfud bakal memenangkan kontestasi politik di Surabaya. "Kita selalu mengusung yang siap menang," tandasnya.

Machfud adalah figur pertama yang terang-terangan menyatakan maju sebagai bakal calon di Pilkada Surabaya dan sudah mengantongi dukungan dari enam partai. Kini, tersisa PDI Perjuangan, Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, dan PSI yang belum menentukan bakal calon. 

PDIP sendiri dijadwalkan akan mengumumkan pasangan calon untuk Pilkada Surabaya dalam waktu dekat. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya