Corona Mewabah, Relawan Jokowi Terus Bergerak Salurkan Bantuan

VIVA – Jumlah kasus positif Corona Covid-19 di Tanah Air terus meningkat dengan mencapai 5.136 per Rabu, 15 April 2020. Jakarta dengan episentrum tertinggi sementara dengan 2.447 kasus positif dan 246 meninggal dunia.

Otto Hasibuan: Rakyat Dituduh Pilih Prabowo-Gibran karena Bansos, Ini Sangat Menyakitkan!

Elemen masyarakat yang tergabung dalam Forum Relawan Jokowi (FRJ) jadi salah satu pihak yang aktif bergerak memberikan bantuan kepada warga yang terdampak Corona. Warga Ibu Kota Jakarta yang membutuhkan bantuan menjadi sasaran barisan relawan yang terbentuk sejak 2012 ini.

Tokoh relawan Jokowi, Andi Gani Nena Wea mengatakan bantuan yang diberikan antaralain ribuan porsi makanan yang dibagikan secara gratis. Bantuan ini akan disalurkan selama 14 hari atau penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Lokasinya pun dipilih bergantian.

KPK Usul Ada Aturan Larang Penyaluran Bansos 2 Bulan Jelang Pilkada

Andi menekankan penerima bantuan makanan ini antaralain pedagang kecil, pekerja harian dan buruh yang terpaksa harus diliburkan tanpa punya penghasilan selama PSBB.

"Tiap harinya ratusan porsi akan kami siapkan. Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah corona," kata Andi kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 15 April 2020.

Raja Salman Gelontorkan Rp12,5 Triliun untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

Untuk kali ini, makanan gratis disalurkan ke wilayah Cilincing, Jakarta Utara. Sopir angkut sampai driver ojek online menerima langsung bantuan tersebut.

Selain makanan, FRJ melalui Ketua Masyarakat Peduli Pangan (MAPPAN), Wignyo Prasetyo turut melakukan penyemprotan disinfektan gratis kepada warga di Rawa Bebek, Penjaringan, Jakarta Utara.

Tak hanya tempat tinggal, rumah ibadah seperti musala juga dilakukan penyemprotan.

"Penyemprotan tersebut dilakukan untuk antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 di lingkungan ruang publik yang banyak di gunakan oleh masyarakat," ujarnya.

FRJ menyampaikan kegiatan sosial ini akan digelar selama 14 hari. Warga di wilayah penyangga Jakarta seperti Bekasi, Tangerang, dan Bogor juga menjadi lokasi yang dipetakan untuk menerima saluran bantuan. 

Apalagi wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi juga sudah memberlakukan kebijakan PSBB yang serupa dengan Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya