Hanafi Rais Mundur dari PAN dan DPR

Mulfachri Harahap bersama Amien Rais, dan Hanafi Rais.
Sumber :
  • Dok. PAN.

VIVA – Hanafi Rais, putra dari pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, mengundurkan diri dari PAN. Pengunduran diri tersebut dia tuliskan dalam bentuk surat pada Selasa, 5 Mei 2020.

PDIP Harus Ambil Langkah Taktis jadi Oposisi Prabowo, Jangan Tersandera Hak Angket

Dalam surat yang beredar, Hanafi mengatakan, dia sangat berharap PAN dapat menegakkan prinsip keadilan. Terlebih setelah Kongres V PAN di Kendari, dalam kongres tersebut berlangsung panas, menurut Hanafi, PAN seharusnya mentaubati apa yang sudah terjadi.

"Saya menilai PAN melewatkan momentum di atas untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap," tulis Hanafi dalam surat tersebut.

Fadli Zon Sebut Perang Iran-Israel Berpotensi Meluas dan Picu Perang Dunia III

Hanafi menilai, saat ini PAN tidak memiliki sikap yang adil dan tidak sesuai harapan. Karena lebih cenderung berpihak pada penguasa.

"Kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekali pun didahului kritik-kritik, bukanlah sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan yang menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan," ujarnya.

Eks Ajudan SYL Akui 2 Kali Beri Hadiah Jam Tangan Mahal ke Ketua Komisi IV DPR RI

Hanafi juga memastikan, dia mundur dari PAN dan anggota DPR periode 2019-2024 "Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR, dan dari anggota DPR Fraksi PAN 2019-2024," ujarnya.

Surat ini telah dibenarkan oleh politikus PAN Asri Anas. Menurut dia, surat tersebut ditulis oleh Hanafi sendiri. "Saya sudah konfirmasi sama Hanafi, benar beliau mundur seperti di surat," ujarnya.

Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus di KPK

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus terkait kasus dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024