Polemik RUU HIP, Pancasila Sudah Final untuk Kebhinekaan NKRI

Polemik RUU HIP, Pancasila Sudah Final untuk Kebhinekaan NKRI

Sabtu, 20 Juni 2020 | 22:56 WIB
UU HIP dan rasisme jadi isu disorot publik.
Ilustrasi peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Photo :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Ilustrasi peringatan Hari Kesaktian Pancasila

VIVA – Sejumlah isu menyangkut kesatuan NKRI dan rumusan Pancasila mencuat dalam sepekan terakhir ini. Selain isu rasisme, keberadaan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) menuai polemik dan jadi sorotan publik.

Demikian yang dibahas dalam webinar yang digelar Forum Mahasiswa Merah Putih dengan tema 'Merawat Kebhinekaan Meneguhkan Persatuan'. Selain sejumlah tokoh nasional, webinar ini diikuti perwakilan 100 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai universitas.

Baca Juga: Jokowi Setuju RUU HIP dengan Syarat Substansi Antikomunisme Dimasukkan

Salah seorang pembicara yaitu mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie menilai masyarakat mesti bisa mengamalkan nilai Pancasila. Menurutnya, rumusan Pancasila saat ini sangat diperlukan karena jadi perajut di tengah kemajemukan masyarakat.

"Yang kita perlukan adalah unity in diversity tapi dari situ kita bisa menemukan sinergi positif satu dengan yang lain. Jadi, kita harus menemukan win-win solution dalam menghadapi perkemangan zaman sekarang,” ujar Jimly yang dikutip pada Sabtu, 20 Juni 2020.

Berita Terkait :
Saksikan Juga