Megawati Napak Tilas ke Rumah Kelahiran Soekarno

Megawati Soekarnoputri (kanan)
Sumber :
  • VIVAnews / Tudji Martudji
VIVAnews -
KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengunjungi rumah kelahiran Soekarno di Jalan Pandean IV No 40, Kelurahan Penelah, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Senin 17 Maret 2014.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Pantauan
Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa
VIVAnews , Megawati didampingi putrinya Puan Maharani, adiknya Guruh Soekarnoputra, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Megawati menyebut, itu sebagai napak tilas jejak Bung Karno dan juga pertanda mengawali kegiatan hari pertamanya dalam rangkaian kampanye PDIP di Provinsi Jatim.


"Di rumah inilah Bung Karno dilahirkan, kemudian tumbuh dan mengukir sejarah perjuangan bangsa," kata Megawati usai melihat-lihat di dalam rumah tua tersebut.


Dalam sambutan singkatnya, Megawati dan rombongan yang tiba pukul 12.40 WIB itu sempat memuji keadaan rumah tua di gang sempit itu lebih baik dari sebelumnya.


Rumah tua tempat kelahiran Bung Karno tersebut kini dimiliki oleh keluarga Jamilah sejak tahun 1990. Keluarga itu baru tahu jika rumahnya adalah tempat kelahiran Bung Karno pada tahun 2010.


Dia menyebut, selama 4 tahun rumah Jamilah kerap dikunjungi pejabat pemerintah, termasuk dari pusat, mahasiswa dan berbagai institusi lain, termasuk sebagai bahan studi dan lainnya.


Rumah itu tampak masih asli, dinding buatan zaman dulu terlihat kusam, termasuk juga goresan bekas bocoran air hujan.


Setelah 29 menit menyalami kerumunan warga dan simpatisan, Megawati dan rombongan berlalu menuju lokasi kampanye di Gelora Pancasila, Surabaya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya