Amien Rais Mangkir Panggilan Bawaslu Yogya

Amien Rais
Sumber :
  • satu jam lebih dekat-tvOne

VIVAnews - Tim Pemenangan Koalisi Merah Putih Daerah Istimewa Yogyakarta akhirnya memenuhi panggilan Bawaslu DIY terkait dengan dugaan kampanye terselubung yang dilakukan di Sportorium Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta saat acara zikir dan pengajian yang dipimpin oleh Gus Miftah beberapa waktu yang lalu.

Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang hadir di antaranya  Ketua Tim Pemenangan Koalisi Merah Putih DIY, Hery Zudianto, Hanafi Rais dan Gus Miftah sebagai pihak penyelenggara acara.

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali

Sedangkan Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional Amien Rias yang juga dipanggil untuk dimintai klarifikasi, tak memenuhi undangan. Gus Miftah sebagai pengasuh acara membantah telah melakukan kampanye terselubung dalam acara yang diasuhnya.

"Itu acara pengajian rutin yang dilakukan setiap 35 hari sekali. Biasanya dilakukan di pondok namun karena hujan maka acara pengajian dilakukan di Sportorium UMY dan kebetulan tempatnya tidak terpakai," katanya usai menjalani pemeriksaan, Selasa 1 Juli 2014.

Gus Miftah sebagai kiai dalam acara itu tidak membacakan visi misi capres namun yang dibacakan adalah hadis.

"Saya kiai. Jadi yang saya bacakan ya hadis," katanya.

Acara pengajian itu menurut Gus Miftah adalah acara umum sehingga siapapun dapat hadir termasuk calon wakil presiden Hatta Rajasa.

"Saya juga tidak mengundang Bapak Hatta Rajasa. Kebetulan Bapak Amien Rais memberi sambutan karena beliau saya anggap sebagai bapak saya. Begitu pula Mas Hanafi memberi sambutan, karena setiap acara pengajian saya gelar Mas Hanafi selalu datang," jelasnya.

Gus Miftah menegaskan dia sama sekali tidak mengundang Hatta. Dia merasa hanya sebagai orang kecil dan tak mungkin mengundang Hatta.

"Kalau Bawaslu hari ini mengundang saya mungkin karena Bawaslu tak punya pekerjaan," katanya.

Sementara itu Hanafi Rais mengatakan mendapatkan 6 hingga 7 pertanyaan dari Ketua Bawaslu DIY selama 12 menit.

"Saya menjelaskan bahwa saya hanya hadir sebagai pembina saja. Acara tersebut merupakan acara rutin,"katanya.

Mantan calon wali kota yang gagal dalam Pilkada Kota Yogyakarta beberapa waktu yang lalu itu juga mengatakan yang datang adalah sebagian besar adalah jemaah dari Gus Miftah.

"Jadi Pak Hatta kalau datang bisa saja karena acara tersebut untuk umum dan di acara tersebut tidak ada penyampaian visi dan misi serta tidak ada atribut partai koalisi atau hal lainnya," ujarnya.

Sedangkan Ketua Tim Koalisi Merah Putih DIY Hery Zudianto mengatakan dia datang sebagai tamu karena tidak memberi sambutan dan lainnya. "Saya hanya sebagai tamu semata dan bukan penyelenggara," katanya.

Ketua Bawaslu DIY Mohammad Najib mengatakan ketidakhadiran Amien Rais karena yang bersangkutan sedang ada kegiatan di luar Jawa sehingga berhalangan hadir.

"Kebetulan beliau ada kegiatan di Kalimantan sehingga belum bisa hadir untuk klarifikasi di Bawaslu DIY,"katanya.

Nicole Shanahan

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Independent presidential candidate Robert F. Kennedy Jr. named Silicon Valley attorney and entrepreneur Nicole Shanahan as his vice presidential pick at a campaign rally.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024