DPR: Pemerintah Perlu Terobosan Tarik Investasi Masuk RI

Anggota DPR, M Misbakhun.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Muhamad Misbakhun, menilai insentif fiskal yang diberikan pemerintah dapat dipandang sebagai terobosan positif guna menarik investasi masuk ke Indonesia. Pasalnya, pemerintah saat ini tengah menghadapi situasi mendesak.

Aprindo: Pusat Belanja dan Mal Buka Seperti Biasa

Pernyataan itu disampaikan Misbakhun menanggapi peringatan Menteri Keuangan Chatib Basri terhadap pemerintah untuk tidak mudah mengumbar fasilitas insentif untuk meningkatkan daya tarik investasi.

“Pemerintah saat ini tengah menghadapi situasi mendesak yang membutuhkan terobosan dan keberanian untuk menarik investasi masuk ke Indonesia,” kata Misbakhun di Jakarta, Kamis 18 Juni 2015.

Terobosan Menkeu Bambang Brodjonegoro dengan tax allowance dan tax holiday dinilai Misbakhun telah jadi komitmen pemerintah dalam upaya mencapai pertumbuhan berkualitas.

“Yakni pertumbuhan ekonomi yang secara signifikan memperbesar ketersediaan lapangan pekerjaan dan menurunkan angka kemiskinan,” ujarnya.

Politisi Golkar ini, lantas berbalik mengkritik Chatib Basri semasa menjadi Menkeu. Dalam pengamatannya, selagi jadi Menkeu, Chatib cenderung tidak berani mengambil terobosan dan keputusan-keputusan penting berkaitan dengan investasi.

“Implikasinya, persoalan menjadi serba stagnan,” ujarnya.

Mengenai anggapan tidak terpenuhinya target penerimaan pajak karena fasilitas pajak yang diberikan pemerintah, Misbakhun melihatnya bukan persoalan utama. Menurutnya, tax allowance dalam jangka pendek memang berdampak pada berkurangnya penerimaan pajak.

Namun, dalam jangka panjang, penerimaan pajak akan meningkat seiring berubahnya iklim investasi yang lebih bergairah sehingga mendorong pertumbuhan industri nasional.

“Bila ini tercapai, tentu target pertumbuhan ekonomi yang berkualitas bukan lagi sekadar cita-cita,” ujar Sekretaris Panja Penerimaan Negara ini.

Misbakhun berharap siapapun semestinya dapat mendukung sikap optimis Pemerintah Jokowi-JK yang saat ini tengah melakukan berbagai terobosan untuk mendukung terealisasinya investasi di Indonesia. (one)

Minat Investasi Tak Terpengaruh Aksi Demo 4 November
toko di pasar Senen

Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi

Hanya fenomena politik jelang pilkada.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016