Pilkada Serentak 2015

KTP di Luar Daerah, Pasangan Calon Ini Tak Bisa Ikut Nyoblos

Helmi Yahya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ichsan Suhendra

VIVA.co.id - Calon bupati dan wakil bupati yang ikut dalam Pilkada serentak, Rabu, 9 Desember 2015, di wilayah Sumatera Selatan terpaksa tak bisa menyalurkan hak suaranya. Sebabnya, KTP para pasangan calon itu ternyata tercatat di luar Daerah Pemilihan.

Para pasangan calon yang tak bisa mencoblos di daerah bertarungnya yakni di Pilkada Kabupaten Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ulu (OKU) dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. Dari tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Ogan Ilir (OI), hanya Sobli, calon Bupati nomor urut 1 yang bisa memberikan hak suaranya.

Sementara, Helmy Yahya dan Muchendi paslon nomor urut 2 bersama AW Noviandi-Ilyas Panji Alam, serta Taufik Toha pasangan calon Wakil Bupati OI Sobli tidak mencoblos karena Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka di luar Kabupaten OI.

Di Kabupeten OKU, pada penyelenggaraan Pilkada, hanya pasangan calon nomor urut 1, Kuryana Azis Johan Anuar, yang mempunyai hak suara.

Koalisi Kekeluargaan Masih Belum Bersifat Final, kata PDIP

Pasangan yang lain, Pecha Leanpuri, dan HM Nasir Agun, tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) karena KTP keduanya bukan berdomisili di OKU. Percha terdaftar sebagai warga Palembang, sedangkan Nasir Agun di Jakarta.

"Pecha dan Nasir tidak masuk DPT mereka tidak bisa menyalurkan hak suaranya di sini (OKU)," kata ketua KPUD OKU, Naning, saat dikonfirmasi, Rabu, 9 Desember 2015.

Sedangkan di OKU Timur, kejadian yang sama juga terlihat. Tidak seluruh kandidat pasangan calon bisa memberikan hak suaranya.

Edward Jaya calon bupati OKU Timur mempunyai KTP domisili Palembang. Sedangkan Didi Apriadi berpenduduk Jakarta.

"Keduanya juga tidak bisa mencoblos di OKUT," kata ketua KPUD OKUT, Leo Budi Rachmadi.

Sedangkan calon Bupati OKUY M Kholid akan mencoblos di TPS 2 Desa Sukaraja, Kecamatan Buay Madang. Feri Antoni di TPS 8 Desa Srikaton, Kecamatan Buay Madang timur, sedangkan Sugeng Supriyanto di TPS 11 Desa Srikaton, kecamatan buay Madang, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan.

Untuk diketahui, di wilayah Sumatera Selatan ada 7 Kabupaten yang ikut dalam Pilkada serentak hari ini, yakni Kabupaten Pali, Musirawas, Musirawas Utara (Muratara), Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan dan OKU Timur. (ase)

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma

PDIP sampai saat ini belum memutuskan calon gubernur DKI.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016