Tetapkan Capim Besok, DPR Jamin Tak Ada Kekosongan di KPK

Uji Makalah Capim KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Anggota Komisi III DPR RI, Masinton Pasaribu, menjamin tidak akan ada kekosongan jabatan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), meskipun masa jabatan pimpinan KPK jilid III periode 2010-2015 itu akan berakhir pada 16 Desember 2015.

PDIP: Pemimpin Baru KPK Sudah Selesai Urusan Pribadinya
"Masih ada plt pimpinan KPK dibantu deputi dan lainnya," kata Masinton saat dihubungi, Rabu 16 Desember 2015.

Basaria Panjaitan, Polwan Pertama Pimpin KPK
Dengan adanya pelaksana tugas dan deputi yang ada, menurut Masinton, KPK akan tetap bisa bekerja melakukan pemberantasan dan pencegahan korupsi. 

Sekjen Golkar: Kritik Pimpinan Baru KPK Tradisi Jelek
Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menjamin Komisi III segera mengumumkan pimpinan KPK yang baru. "Besok sudah terpilih 5 pimpinan KPK. Kami umumkan besok," tuturnya.

Sementara itu, hari ini, Komisi Hukum DPR itu masih melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Agus Rahardjo, Laode M Syarief, dan Busyro Muqoddas.

Sebagaimana diketahui, hari ini merupakan masa akhir masa jabatan pimpinan KPK jilid III di bawah kepemimpinan Abraham Samad (nonaktif), Bambang Widjojanto (nonaktif), Zulkarnain, dan Adnan Pandu Pradja.

Sementara itu, saat ini, KPK masih dipimpin oleh tiga pelaksana tugas, yakni Taufiequrachman Ruki, Indriyanto Seno Adji, dan Johan Budi. Menurut pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun, berakhirnya masa jabatan pimpinan KPK periode 2010-2015 bukan berarti berakhir juga masa jabatan pelaksana tugas pimpinan KPK.

Menurut dia, berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pelaksana Tugas Komisi Pemberantasan Korupsi, tiga plt pimpinan KPK tetap menjabat sepanjang belum ada pimpinan KPK baru.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya