Ini 'Oleh-oleh' Presiden Jokowi dari Eropa

Konferensi pers Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari 4 negara Uni Eropa membuahkan 4 kerja sama yang disepakati dengan pemerintah Jerman, Inggris, Belgia dan Belanda.

Jokowi Ditantang Bangun Daerah Kepulauan yang Tertinggal

Setibanya di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jokowi menyampaikan hasil kerja sama tersebut. 

"Dengan Jerman fokus pelatihan dan pendidikan vokasi, national school dan national training. Dengan Inggris kerja sama satu saja yaitu bidang kreatif ekonomi dan kreatif industri yang akan ditindaklanjuti oleh Badan Ekonomi Kreatif," kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, 23 April 2016.

Menlu: Pemuda Indonesia di Eropa Antusias Bertemu Presiden

Jokowi juga menyampaikan kebanggaannya ketika sejumlah desainer Indonesia bisa memamerkan karya mereka di ritel toko fesyen ternama di Kota London.  

"Dengan Belgia dan juga Uni Eropa, kecepatan kita dalam menyelesaikan scooping paper sangat dihargai dan tinggal dilanjutkan negosiasinya. Dengan Belanda kita hanya konsentrasi satu hal berkaitan dengan maritim dan pengelolaan air," ujarnya menambahkan.

Di Belanda, Jokowi Temui 35 CEO

Pada bulan November mendatang, Indonesia akan menerima kunjungan dari Belanda untuk membahas bisnis tersebut lebih jauh.

"Total deal business to business yang saya catat ada US$20,5 miliar ."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya