Rencana Yuddy Pangkas 1 Juta PNS Malah Bikin Resah

Mantan Menpan-RB, Yuddy Chrisnandi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Anggota Komisi II DPR, Hetifah Sjaifudian, melihat rencana rasionalisasi Pegawai Negeri Sipil yang disampaikan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi, telah membuat keresahan dan kegaduhan. Menurutnya, program itu tidak sesuai dengan kondisi saat ini.

Larang Rekrut PNS Baru, Daerah Diminta Redistribusi Pegawai

"Saat ini ekonomi lesu, kementerian jangan bikin gaduh," kata Hetifah saat dihubungi, Senin, 6 Juni 2016.

Politikus Partai Golkar itu juga melihat program rasionalisasi Menteri Yuddy yang akan memangkas PNS hingga 1 juta orang belum matang. Dia mengingatkan sebelum menyebar wacana, sebaiknya Kemenpan RB membuat dulu kajian personel yang menyeluruh dan berkenaan jumlah, rasio, sebaran, kualifikasi, kinerja dan bagaimana peta jalannya ke kebijakan itu.

Komisi II Pastikan Akan Ada Penolakan Rasionalisasi PNS

"Jangan sampai kebijakan baru justru mengganggu kinerja Aparatur Negara yang sekarang ada," ujar Hetifah.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR itu meminta Yuddy dan jajaran kementeriannya berhati-hati dan menjaga ucapan yang justru bisa membuat keresahan dan kegaduhan, terutama mengenai rasionalisasi PNS. Karena, tegas dia, persoalan itu sangatlah sensitif.

Isu Ribuan PNS Dipecat, Yamaha Kena Imbas

Menpan RB Yuddy Chrisnandi berencana memangkas jumlah Pegawai Negeri Sipil hingga 1 juta orang. Selain banyak dikritik di kalangan PNS, rencana ini juga menuai kritik dari kalangan masyarakat yang lain termasuk DPR.

menteri Asman Abnur

Nasib Rasionalisasi 1 Juta PNS di Tangan Menpan RB Baru

Rencana kebijakan itu sebelumnya digulirkan oleh Yuddy Chrisnandi.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016