Pemerintah Diminta Tinjau Ulang Sekolah Kedinasan

Mantan Anggota Komisi II DPR, Miryam Haryani.
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVA.co.id – Anggota Komisi VI DPR Fraksi Hanura, Miryam S. Haryani menilai kejadian kekerasan yang berujung pada meninggalnya taruna yang sedang menempuh pendidikan seringkali terjadi di Indonesia. Anehnya kejadian seperti itu terjadi pada sekolah-sekolah kedinasan yang dibiayai negara.

9 April Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka, Ini Syaratnya

"Pemerintah harus meninjau ulang kehadiran sekolah kedinasan, evaluasi menyeluruh harus dilakukan. Ini mutlak diperlukan karena jangan sampai nyawa dianggap sesuatu yang murah sehingga dengan gampangnya dipermainkan," kata Miryam dalam keterangan tertulisnya, Kamis 12 Januari 2017.

Menurutnya, perlu ada evaluasi baik dari manajemen pendidikan, keberadaan sekolah kedinasannya, atau sistem pengajaran yang berlangsung. Selama ini  uang negara seakan menjadi halal untuk digunakan sebagai sarana menghilangkan nyawa orang lain.

Mengintip Kapal Latih STIP Senilai Rp54 Miliar dari APBN

"Terkait Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), selain komisi V sidak saya kira perlu juga untuk memanggil kementerian perhubungan dan menjelaskan kondisi yang sebenarnya," kata Miryam.

Ia menambahkan hasilnya akan kita sinkronkan dengan temuan-temuan di lapangan yang kemudian akan menghasilkan rekomendasi apakah sekolah kedinasan ini masih layak dilanjutkan atau lebih baik dihentikan demi kepentingan yang lebih besar.

STIP Bakal Bangun Monumen untuk Taruna yang Tewas

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Utara, Komisaris Besar Awal Chairuddin menangani kejadian penganiayaan yang mengakibatkan salah satu taruna di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Amirulloh Adityas Putra, tewas dengan luka yang mengenaskan. Kematian salah satu taruna diduga dianiaya seniornya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menhub Bicara Pentingnya Mutu SDM di Sektor Transportasi Laut

Menurut Budi Karya, Kemenhub menaruh perhatian terkait pengembangan SDM di sektor transportasi laut.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2021