Megawati, SBY dan Prabowo Diundang Nonton Debat Pilkada DKI

Tiga Pasangan Cagub Cawagub saat mengikuti Debat Putaran Pertama Pilkada DKI Jakarta, 13 Januari 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta akan menggelar debat putaran kedua untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta 2017 di Hotel Bidakara pada Jumat, 27 Januari 2017. Anggota KPU DKI Jakarta, Dahlia Umar, mengungkapkan bahwa pada debat nanti, pihaknya mengundang semua ketua umum dan sekretaris jenderal partai-partai politik yang berpartisipasi di Pilkada Jakarta.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Waktu debat pertama belum kami undang. Tapi, karena melihat antusiasme terhadap debat dan ini di Jakarta, kami putuskan untuk mengundang pimpinan DPP partai politik, ketua umum dan sekjen," kata Dahlia di Jakarta, Jum'at 27 Januari 2017.

Meskipun begitu, dia belum bisa memastikan bahwa seluruh ketua umum partai yang diundang akan hadir. KPU DKI memang belum menerima konfirmasi kehadiran.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

"Undangannya sudah kami sampaikan kemarin tapi belum ada yang konfirmasi," ujarnya.

Selain pimpinan DPP, KPU DKI Jakarta juga mengundang tamu lainnya seperti Menteri Dalam Negeri, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Ketua Komnas HAM.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Ketua Umum PDIP, yaitu Megawati Soekarnoputri, memimpin partai pendukung pasangan petahana Ahok-Djarot. Susilo Bambang Yudhoyono merupakan Ketua Umum Demokrat, yang merupakan partai pendukung pasangan Agus-Sylvi. Sedangkan, sebagai Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto merupakan pendukung pasangan Anis-Sandi.

Sebelumnya, Ketua KPU DKI, Sumarno, mengungkapkan bahwa dua tema untuk debat calon gubernur (cagub) kedua nanti yakni tentang reformasi birokrasi dan pelayanan publik pula soal pengelolaan kawasan perkotaan. Ia menjelaskan, tema reformasi birokrasi tersebut akan membahas isu-isu seputar tata kelola pemerintahan.

Sedangkan tema pengelolaan kawasan perkotaan membahas rencana tata ruang dan strategi pembangunan kota. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya