DPR Minta Kemenag Utamakan Lansia Lebih Dulu Pergi Haji

Jemaah haji Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA.co.id - Kementerian Agama menetapkan jumlah kuota jemaah haji tahun 2017, sebanyak 221 ribu orang. Rinciannya, 204 ribu orang jemaah haji reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus.

Yandri Susanto dari Fraksi PAN Jadi Ketua Komisi VIII

Indonesia memang mengalami peningkatan kuota dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, dengan penambahan itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Sodik Mudjahid, meminta masyarakat tidak terlalu berharap, karena pemangkasan antrean haji tidak sebanyak yang dibayangkan.

"Kalau antrean jangan terlalu berharap. Dengan tambahan kuota sekarang yang normal paling akan mempercepat dua, atau tiga tahun. Dengan beberapa kebijakan tambahan, maka paling hanya akan percepatan satu atau dua tahun," kata Sodik, ketika dihubungi VIVA.co.id pada Kamis 23 Februari 2017.

Sepakat Revisi UU MD3, Dua Fraksi Ini Beri Catatan

DPR lebih menyoroti upaya peningkatan pelayanan haji ketimbang hanya masalah pemangkasan antrean. "Jadi, (antrean) tidak usah terlalu dimasalahkan. Yang penting adalah pelayanan prima, transparansi kuota, tansparansi uang, atau dana," ujar Sodik.

Komisi VIII DPR sebenarnya berharap Kementerian Agama juga bisa memprioritaskan orang-orang yang semestinya disegerakan pergi haji. Mereka, antara lain, pertama, calon jemaah yang sudah lunas biaya dan menunggu sejak tahun lalu; kedua, calon jemaah yang berhak berangkat tahun 2017; ketiga, kalangan lanjut usia (lansia), atau berusia lebih 75 tahun; dan keempat, muhrim, atau pendamping.

Inspektorat Terjunkan Dua Tim Awasi Penyelenggaraan Haji

"Untuk (calon jemaah) lansia, DPR pernah minta lansia lima belas persen (dari total calon jemaah yang mendaftar)," katanya. (Baca: Ini Daftar Kuota Haji Reguler per Provinsi untuk 2017)

(asp)

Fasilitas Baru buat Jemaah Haji Indonesia saat wukuf di Arafah

Ini Fasilitas Jemaah Haji Indonesia saat Puncak Haji 2022

Menyambut kedatangan jemaah Indonesia saat puncak haji tahun ini, PPIH Arab Saudi telah menyediakan dan memperbaiki berbagai fasilitas.

img_title
VIVA.co.id
30 Juni 2022