Fadli Zon Bantah Ada Peran JK saat Penunjukan Anies Baswedan

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyarankan Anies Baswedan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk dicalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta menyaingi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Terkait hal itu, Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menegaskan, peran Prabowo paling menentukan dalam pencalonan ini. 

Kata Jusuf Kalla Soal Kabar Cak Imin-Anies Masuk Bursa Pilpres 2024

"Saya ini saksi hidup. Bahwa peran Pak Prabowo yang paling menentukan," kata Fadli ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat 5 Mei 2017.

Selain itu, kata Fadli, keputusan juga diambil bersama pimpinan PKS. Nama Anies juga katanya telah melalui diskusi panjang beberapa hari sebelum tanggal pendaftaran Pilgub DKI 2017.

Saat Jusuf Kalla Cerita ke Gus Miftah Tentang Kisah Inspiratifnya

"Keputusan akhirnya ya itu baru pada sore (23 September) itu. Tentu dengan kesepakatan. Kita ini tidak mau dibohongi lagi. Walaupun kita percaya pada sosok Anies-Sandiaga Uno, tetapi kita ingin betul-betul kalau kerja memperbaiki Jakarta," ujar Fadli. 

Mengenai adanya dukungan JK, Fadli mengakui saat itu pihaknya juga tengah menggalang dukungan dari mana saja. Apalagi saat itu pasangan lain Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni juga telah dideklarasikan. 

Pandemi COVID-19 di Indonesia Membaik, Masyarakat Diminta Tetap Prokes

"Ya kita waktu itu mengharapkan dukungan dari mana-mana. Malah tadinya kita mau buat satu front, tapi tidak mungkin. Karena saudara Agus dan Sylvi sudah mendeklarasikan lebih awal, jadi tinggal pasangan yang diusung PKS dan Gerindra," kata Fadli.

Mantan Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

JK mengingatkan untuk berhati-hati terhadap wacana penundaan Pemilu 2024. Konstitusi sudah mengamanatkan Pemilu digelar lima tahun sekali.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022