Demokrat: Hak Angket KPK Lebih Baik Dibatalkan

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarif Hasan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Reza Fajri

VIVA.co.id - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, Fraksi Partai Demokrat di DPR meminta hak angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi dibatalkan. Penolakan terhadap angket ini juga telah sesuai arahan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Gerindra Pastikan Hak Angket Tidak Jadi

"Menurut Partai Demokrat lebih baik dibatalkan. Saya pikir Pak SBY telah berikan arahan komprehensif ke Ketua Fraksi," kata Syarief di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat, 19 Mei 2017.

Menurut Syarief, salah satu penolakan juga karena proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dilakukan secara sepihak.

Puan Geleng-geleng Kepala saat Ditanyai soal Hak Angket

"Dalam proses pengambilan keputusan itu sudah kita ketahui bersama di luar mekanisme yang sering kita lakukan dan berpotensi melanggar tatib," ujar Syarief.

Anggota Komisi I DPR ini mengatakan fraksinya menolak wacana melemahkan KPK. Menurutnya, masalah hukum yang terjadi di KPK biar ditindaklanjuti oleh KPK sendiri.

Kecil Kemungkinan PDIP Ajukan Hak Angket karena Tak Benar-benar Serius, Menurut Pengamat

"Kecuali kalau ada kasus mengendap tak dilakukan KPK, baru kita pengawasan. Pengawasan perlu, tapi bukan melemahkan KPK," kata Syarief.

Direktur Eksekutif lndikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi

Pengamat Sebut Hak Angket Berpotensi Layu Sebelum Berkembang, Ini Alasannya

Rencana pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dapat berimbas kepada hak angket yang pernah diwacanakan Ganjar Pranowo lewat PDIP

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024