Bawaslu Akan Gandeng Pramuka Awasi Pilkada dan Pemilu

Ilustrasi Gedung Badan Pengawas Pemilu.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA.co.id - Jelang pelaksanaan pilkada serentak tahap III tahun 2018 dan Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) fokus mempersiapkan strategi pengawasan agar pelaksanaannya berjalan dengan demokratis. Mereka berencana merangkul anak-anak muda dan organisasi intra sekolah seperti Pramuka untuk ikut berpartisipasi.

Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR 2 Kali Sebelum Uji Kelayakan

"Anggota Pramuka adalah anak-anak muda yang idealis. Kalau kami bekerja sama dengan mereka, tentu pengawasan akan berjalan lebih maksimal," kata anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin, di Gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu 5 Juli 2017.

Afifuddin menjelaskan sasaran kerja sama Bawaslu dengan Pramuka adalah siswa sekolah menengah atas (SMA) dan mahasiswa semester 4. Dengan tujuan akhir kerja sama ini adalah mewujudkan calon aparatur pengawasan pemilu yang lahir dari jalur Pramuka.

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari

"Minimal, mereka (anggota Pramuka) menjadi aktor pengawasan partisipatif pemilu," ujarnya.

Untuk mewujudkan kerja sama itu, instansinya segera berkoordinasi dengan Pengurus Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka. Upaya ini agar program tersebut bisa diduplikasi oleh Bawaslu di tingkat provinsi hingga kabupaten, kota sehingga bisa bekerja sama dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka.

Timsel Serahkan Daftar Nama Calon Anggota KPU dan Bawaslu ke Jokowi

Menurut koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi, Bawaslu itu, kerja sama akan dicanangkan pada Jambore Pramuka Pengawas Pemilu dengan menancapkan Saka Pengawas Pemilu. Dalam jambore itu akan digelar beberapa aktivitas di antaranya rekrutmen anggota Pramuka menjadi pengawas pemilu dan pelatihan pengawasan.

"Aktivitas akan diselenggarakan pada rentang 2017 dan 2018," ujarnya.

Rencana pelibatan Pramuka sebagai bagian dari inovasi Bawaslu untuk mengembangkan partisipasi masyarakat agar ikut terlibat dalam pengawasan pilkada dan pemilu. Apalagi dalam pilkada serentak 2018 nanti akan digelar di 171 daerah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya