Pilkada Jateng, Eks Menteri ESDM Tak Khawatir Soal Partai

Sudirman Said
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku tak khawatir bertarung dengan siapa pun, jika dirinya dipercaya menjadi calon gubernur Jawa Tengah 2018. 

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

Sudirman juga menyatakan tak pilih-pilih partai untuk  mencalonkan diri. "Yang mesti direbut adalah menyentuh hati rakyat, " kata Sudirman di Semarang, Minggu malam, 30 Juli 2017.

Ia berpandangan, dalam sebuah kontes Pilkada memilih figur itu bukan semata-mata dari partai apa, namun lebih pada orangnya. Bahkan, Sudirman tidak punya kekhawatiran soal warna-warna partai untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah 2018 nanti. 

Sudirman Said Ungkap Timnas Amin Siap Gugat Hasil Pemilu 2024 ke MK

"Karena memilih pimpinan daerah itu bukan pada warna. Mau partainya PDIP, PPP, Golkar, PKS, Gerindra atau semua partai, tetap figur itu yang dikehendaki rakyat, " ujarnya. 

Saat ini, Sudirman belum mengantongi restu dari partai manapun untuk maju di pilkada. Namun sejauh ini, dia sudah berkomunikasi dengan beberapa partai politik antara lain PKS, Gerindra, PAN dan PPP.

Sudirman Said soal Rencana Pertemuan JK-Megawati: Itu Pribadi, Kita Tak Bisa Cawe-cawe

"Karena banyak sahabat di partai politik. Tidak menutup kemungkinan partai lain. Kalau dibutuhkan saya siap, tetapi saya membatasi diri dengan sikap terpanggil," ujarnya.

Ia menegaskan, waktu untuk masuk ke Pilkada Jawa Tengah masih cukup jauh sehingga ada waktu untuk memikirkannya. Meski begitu, dia mengaku tak pasif untuk mendapatkan restu partai. Dia akan terus bertemu masyarakat serta tokoh di daerah dengan 35 kabupaten/kota itu. 

Ketua Tim Sinkronisasi Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan, itu pun terus menggalang kekuatan di Jawa Tengah. Misalnya, ia mengumpulkan seratusan mahasiswa dari kampus-kampus di Semarang, Jawa Tengah, Minggu malam. Dia ingin memperkenalkan diri kepada masyarakat sebagai calon gubernur Jawa Tengah. Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Abraham Lunggana atau Haji Lulung. 

"Saya bukan bagian partai politik. Tugas saya berikhtiar secara sehat, serius, bersungguh-sungguh dari 'panggilan' (partai) itu," kata Sudirman. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya